Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Hoaks atau Tidak?

Benturkan Kabareskrim dengan Hendropriyono

Published

on

Dibaca normal 2 menit

PEMBUAT hoax yang satu ini punya nyali supergede. Sebab, yang dijadikan hoax adalah orang nomor satu di jajaran reserse Polri. Yakni, Kabareskrim Komjen Arief Sulistyanto. Arief diserang hoax terkait kasus Munir. Dikemas seolah sebuah berita.

Kabareskrim Akan Tangkap Hendropriyono Pada Pekan Ini. Begitu judul tulisan tersebut. Awalnya tulisan itu dibuat dan disebarkan lewat situs yang domainnya dibuat menyerupai nama Arief. Yakni, ariefsulistyanto.com. Kini domain itu telah masuk dalam daftar blokir Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Jawa Pos mencoba mengakses situs itu via VPN agar bisa lolos dari blokir Kemenkominfo. Ternyata situs yang domainnya didaftarkan pada 10 September 2018 itu sudah tidak aktif.

Tapi, rupanya si pembuat hoax tersebut tak hanya memanfaatkan situs ariefsulistyanto.com. Agar terlihat tulisan itu juga ada di media mainstream, pelaku memanfaatkan citizen media (media warga). Salah satunya blog publik Indonesiana yang dikelola media Tempo (indonesiana.tempo.co).

Hingga kemarin, tulisan berjudul Kabareskrim Akan Tangkap Hendropriyono Pada Pekan Ini masih ada di indonesiana.tempo.co. Tulisan itu diunggah 11 September 2018. Atau sehari setelah pendaftaran domain ariefsulistyanto.com.

Orang awam mungkin bisa saja beranggapan kabar itu benar-benar ditulis Tempo. Sebab, dalam link tulisan tersebut, terdapat kata ’’tempo’’. Berikut linknya: indonesiana.tempo.co/read/127592/2018/09/11/wyeth9/kabareskrim-akan-tangkap-hendropriyono-pada-pekan-ini. Jika Anda ingin mencoba mengakses tapi sulit mengingat link panjang itu, coba link pendek yang kami buat berikut ini. Bit.ly/HoaxKabareskrim. Asal belum dihapus, link di atas pasti masih bisa diakses.

Kemenkominfo atau pengelola Indonesiana sebaiknya juga memblokir atau menghapus akses link di atas. Sebab, jika mengetikkan keyword “Kabareskrim Tangkap Hendropriyono”, tulisan yang berasal dari Indonesiana, Tempo, itu menempati peringkat atas di Google. Bersanding dengan berita klarifikasi yang disampaikan Arief di sejumlah media.

Sebelumnya1 dari 2 halaman
Gunakan tanda ← → (panah) untuk membaca

Advertisement
Comments