Anda tidak bisa menyalin berita ini. Info lebih lanjut, hubungi admin di [email protected]
Opini

HAMIL DULUAN, NIKAH KEMUDIAN? OOH NO!

Oleh : Muthi’ Masfu’ah / Yattini *)

Owner Rumah Kreatif Salsabila, Koordinator Literasi DPW Kaltim dan Divisi Pengambangan Wilayah Literasi DPP.

Miris! Ketika Membaca Bontang Post di halaman utama Minggu 16 September lalu. “Hamil Duluan, Nikah Kemudian. Angka Pernikahan Dini Tinggi, Banyak Yang Putus Sekolah”. Dalam berita utama tersebut menyebutkan bahwa pernikahan dini marak terjadi di Bontang. Dalam waktu delapan bulan, tercatat sedikitnya 17 pasangan muda mudi melepas masa lajang. 60 persen dari jumlah tersebut terpaksa menikah karena hamil duluan. Yang memprihatinkan, sebagian besar pelaku pernikahan dini masih berusia belasan tahun. Mereka juga berstatus masih sebagai pelajar. Namun pihak keluarga memang tidak memiliki pilihan lain begitu tahu terjadi peristiwa kehamilan.

Pembaca, kita pahami masa remaja bagi sebagian besar orang merupakan masa-masa transisi, dari anak-anak menjadi dewasa. Pada masa ini, seringkali remaja mengalami masa “pencarian identitas”. Berbagai usaha dilakukan oleh para remaja untuk menunjukkan eksistensi diri mereka. Pergaulan menjadi kunci sejauh mana mereka dapat menunjukkan eksistensi dirinya. Pergaulan yang bebas terkadang membuat para remaja tidak dapat mengontrol dirinya, sehingga mereka terjerumus terlalu jauh. Banyak contoh, misalnya : free sex, pemakaian narkoba, drag race, dan lain sebagainya.

Fenomena ini adalah salah satu dampak negatif dari globalisasi yang ditelan mentah-mentah oleh remaja Indonesia.  Salah satu yang sangat berbahaya yang akan saya kupas adalah seks bebas yang perlu dicegah. Mengapa?  Yang pertama adalah ketidaksesuaian hal ini dengan budaya ketimuran dan nilai-nilai bangsa Indonesia serta bertentangan dengan nilai-nilai agama Islam yang dianut mayoritas penduduk Indonesia. Alasan lain adalah seks bebas “sex before marriage” sangat berpotensi memicu kehamilan di luar nikah, penyakit seksual menular, aborsi, serta berbagai dampak negatif lainnya. Atau secara gamblang, bahaya seks bebas di kalangan remaja antara lain yang berhasil saya himpun dari berbagai sumber adalah:

1 2 3 4Laman berikutnya

Related Articles

Comment

Check Also

Close
Back to top button