oleh

Kuota CPNS Kutim Berkurang 57 Orang  Utamakan Tenaga Kesehatan Dan Guru

SANGATTA – Akhirnya Kutim memiliki kejelasan perihal tes CPNS 2018, yang akan dibukanya pendaftaran pada 19 September mendatang. 100 komputer telah tersedia untuk penerimaan sebanyak 243 orang. Padahal informasi awal kuota disediakan sekira 300 orang. Berarti berkurangnya mencapai 57 orang.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kutim Zainuddin Aspan menyatakan kesanggupan untuk tes ini atas dukungan bupati. Sehingga saat ini persiapan telah mencapai 90 persen.

“Tesnya akan diadakan tahun ini, sudah disiapkan komputer yang terhubung ke BKN, di gedung badan diklat, di dekat gedung ekspo,” ujarnya saat diwawancarai usai coffee morning, Senin (17/9).

Lebih lanjut ia menjelaskan, dari 243 kuota yang tersedia, terbuka lebar peluang untuk tenaga kesehatan dan guru. Pasalnya, di sejumlah daerah masih sangat minim jenjang kebutuhan seperti dimaksud. Adapun persyaratan yang dijelaskannya, yakni lulusan sesuai formasi. Sehingga peluang untuk lulusan SMA hanya lima orang.

“Penerimaan dan penempatan sesuai jurusan, umur juga tidak boleh lebih dari 35 tahun. Tidak ada perbedaan antara umum dan TK2D,” pungkasnya.

Sementara, jika merunut pada persyaratan, untuk TK2D yang berusia di atas 35 tahun dapat menunggu jika ada pemutihan. Zai mengatakan, pendaftaran seleksi CPNS Kutim mengikuti jadwal yang sudah ditentukan BKN RI.

“Nantinya yang telah mendaftar akan diberikan pembelajaran komputer, agar pada saat pelaksanaan peserta tidak lagi kaku,” tuturnya.

Menurutnya, tes CPNS ini penting dilakukan, mengingat ada sekira 80 kursi jabatan kosong.

Sebelumnya, dalam rapat Wakil Bupati Kutim, Kasmidi Bulang meminta pada dinas kesehatan dan dinas pendidikan untuk lakukan persiapan. Pasalnya, kedua OPD tersebut sangat diprioritaskan kebutuhannya.

“Tolong pada kedua OPD ini untuk disampaikan ke seluruh elemennya buat bersiap-siap,” pintanya. (*/la)

Bagikan berita ini!
  • 4
    Shares