oleh

Besok Pendaftaran CPNS Dibuka Pemkot Samarinda Buka Dua Jalur Penerimaan 

SAMARINDA – Seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS)  diSamarinda dipastikan mengikuti jadwal serentak yang telah ditetapkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Rabu (19/9) besok. Kepastian itu merujuk arahan KemenPAN-RB yang meminta Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Samarinda ikut menyelenggarakan seleksi serentak sebagaimana yang telah dijadwalkan sebelumnya.

Pada seleksi penerimaan CPNS tahun ini, Kota Tepian kebagian kuota sebanyak 313 formasi. Kuota itu terdiri atas 180 formasi di bidang pendidikan, 103 formasi di bidang kesehatan, dan 24 formasi yang dikhususkan untuk tenaga honorer kategori dua (K2). (selengkapnya lihat grafis).

Ketua Panitia Seleksi (Pansel) CPNS yang juga Sekretaris Kota (Sekkot) Samarinda, Sugeng Chairuddin mengatakan, penyelenggaraan penerimaan pegawai negeri akan dilakukan secara daring. “Website untuk pendaftaran dikelola langsung oleh BKN RI. Langsung saja cek di https://sscn.bkn.go.id,” ungkapnya, Senin (17/9) kemarin.

Seleksi CPNS nantinya dibagi menjadi dua yakni jalur khusus dan jalur umum. Kuota formasi jalur khusus yakni untuk mereka dengan nilai cumlaude sebesar 5 persen, penyandang disabilitas 1 persen, honorer K2 yang telah terdaftar dalam database Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Khusus untuk K2 ini dibatasi usia maksimal 35 tahun pada tanggal 1 Agustus 2018. Selain itu, K2 yang diperbolehkan mengikuti seleksi yakni mereka yang telah mendapat gelar sarjana (S1) sebelum tanggal 3 November 2013.

“Mengenai tesnya, untuk formasi jalur khusus hanya perlu mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), tidak perlu mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB),” kata dia.

Sementara untuk jalur umum, dibuka kepada semua masyarakat. Tak hanya itu, seleksi melalui jalur umum ini juga akan diikuti oleh para atlet olahraga berprestasi internasional yang dikoordinasikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

Bagikan berita ini!
  • 39
    Shares