oleh

Jumlah Pencari Kerja dan Lowongan Timpang Tahun Ini, 5.441 Pelamar Berebut 706 Pekerjaan

BONTANG – Masalah minimnya lapangan kerja masih menjadi momok bagi para pencari kerja (pencaker) di Bontang. Berdasarkan data Dinas Penanaman Modal, Tenaga Kerja dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTK-PTSP) Bontang, sejak 2010 hingga Juni 2018, jumlah pencari kerja (pencaker) dan lowongan kerja (loker) mengalami ketimpangan. Lebih banyak pencaker ketimbang penyerapan tenaga kerja.

Kepala Seksi Informasi Pasar Kerja DPMTK-PTSP Bontang Riduansyah mengatakan, dari data yang terekap di data perkembangan pencari kerja, lowongan, dan penempatan kerja DPMTK-PTSP, di 2018 ini per Januari hingga Juni, total warga yang mencari kerja berdasarkan data pembuat kartu kuning (Kartu AK-1), sebanyak 5.441 orang. Sedangkan lowongan kerja yang tersedia, hanya 706 lowongan. Dari jumlah pencari kerja tadi, yang berhasil ditempatkan di dunia kerja hanya sebanyak 419 orang. (selengkapnya lihat grafis)

“Jika dipersentasekan, jumlah lowongan yang ada dibandingkan dengan jumlah pencari kerja yang terdaftar, sebesar 5,2 persen. Adapun persentase pencari kerja yang ditempatkan dengan jumlah pencari kerja hanya sebesar 1,8 persen. Sehingga dapat disimpulkan, satu pekerjaan yang dibuka melalui Kantor DPMTK-PTSP tahun ini, bisa diperebutkan hingga 8 orang,” terangnya.

Riduansyah menjelaskan, dari tahun ke tahun, rata-rata persentasenya cenderung  sama. jika diamati dari 2010 lalu, grafik minimnya tenaga kerja yang terserap di dunia kerja, selalu terjadi setiap tahunnya. Kata Riduansyah, angka pencari kerja tertinggi rata-rata setiap tahunnya terjadi pada bulan Juli. Hal tersebut lantaran di bulan itu para pelajar SMA/SMK baru saja lulus dari sekolahnya dan rata-rata berbondong-bondong untuk membuat kartu AK-1.

“Waktu lainnya yang juga cukup banyak pelamarnya adalah ketika perusahaan membuka lowongan untuk tenaga Shut Down maupun Turn Around. Meskipun pekerjaannya bersifat sementara, namun peminatnya selalu membeludak,” terangnya.

Bagikan berita ini!
  • 32
    Shares