oleh

Erau Pelas Benua Digelar Pekan Depan Libatkan Pelajar, Ajang Promosi Wisata dan Edukasi Budaya Lokal 

BONTANG – Pesta adat Erau Pelas Benua Guntung tahun ini akan kembali digelar. Pelaksanaannya dimulai pekan depan dari 25-30 September 2018. Pesta budaya masyarakat Kutai yang menjadi agenda rutin Pemkot Bontang setiap tahunnya itu, tahun ini akan menampilkan berbagai kegiatan yang menonjolkan unsur keberagaman budaya Indonesia.

Ketua Lembaga Adat Kutai Bontang Ismail mengatakan, dengan tema “Membangun Bontang dari Arah Pinggiran untuk Kesejahteraan Masyarakat”, Erau Pelas Benua Guntung tahun ini diharapkan dapat mendorong kemajuan sektor pariwisata dan kebudayaan lokal di Kota Taman. Selain itu, juga sebagai ajang promosi wisata daerah kepada masyarakat luar Bontang. Yang tak kalah penting kata Ismail, tahun ini pihaknya juga akan menggandeng para pelajar mulai tingkat SMP dan SMA untuk ikut menyemarakkan pesta adat Erau Pelas Benua ini.

Nantinya kata Ismail, para pelajar tersebut akan ikut memeriahkan pada kegiatan lomba olahraga tradisional dengan tujuan agar, tersosialisasinya pemahaman dan edukasi tentang melestarikan kearifan budaya lokal sejak dini. Adapun beberapa lomba tradisional yang akan diikuti seperti sumpit, logo, dan juga gasing tradisional.

“Sehingga nantinya di masa yang akan datang, budaya lokal kita ini bisa terus dilestarikan oleh anak cucu,” jelasnya kepada Bontang Post.

Sehari sebelum pelaksanaan pembukaan, tradisi Bapelas pun juga dilakukan. Hal ini bertujuan untuk membersihkan dan memohon perlindungan, agar Bontang terhindar dari segala musibah. Adapun rangkaian kegiatan lainnya seperti lomba tari-tarian, lomba menyanyi lagu daerah, dan kegiatan hiburan lainnya. Ismail berharap, Erau Pelas Benua Guntung tahun ini bisa berjalan lancar dan didukung semua pihak baik Pemkot maupun perusahaan-perusahaan yang ada.(bbg)

Bagikan berita ini!
  • 599
    Shares