oleh

Bangun Industri Wisata Kota Bontang Libatkan Seluruh Pamangku Kepentingan, Wawali Apresiasi Pelatihan Sadar Wisata 

BONTANG- Pengembangan sektor wisata tengah menyedot perhatian pemerintah saat ini. Bagaimana tidak, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kota Taman semakin meningkat. Pemerintah pun dituntut melakukan berbagai usaha agar pengunjung merasa aman, tertib, bersih, sejuk, indah dan ramah.

Salah satu upaya mewujudkan hal tersebut adalah dengan menggelar Pelatihan Sadar Wisata yang diikuti oleh masyarakat Kota Taman, pengelola usaha wisata dan beberapa Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Wali Kota Bontang, Basri Rase di Pendopo Rujab Wali Kota, Rabu (19/9). Turut hadir Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar), Bambang Cipto Mulyono.

Dalam sambutannya, Basri menekankan bahwa arti sadar wisata di sini adalah konsep yang menggambarkan partisipasi dan dukungan masyarakat dalam mendorong terwujudnya iklim yang kondusif pengembangan kepariwisataan.

Adapun berbagai unsur berkembangnya pariwisata, lanjutnya, mencakup keamanan, kebersihan, ketertiban, kenyamanan, keindahan, serta keramah-tamahan. Sedangkan implementasi dari sapta pesona terciptanya lingkungan yang bersih, aman, tertib dan memberikan layanan teratur dan efektif bagi wisatawan.

“Objek wisata yang kita miliki saat ini sangatlah luar biasa dan memesona jika kita mampu menjaga dan mengembangkan. Dan tempat wisata yang cantik hendaknya kita syukuri dengan cara pengelolaan yang lebih profesional. Nah, hari ini kita tingkatkan SDM sektor lokal sehingga kita dapat maksimalkan destinasi wisata sebagai tujuan para pengunjung baik domestik maupun internasional,” tutur Basri.

Pemerintah pun menggandeng seluruh pemangku kepentingan untuk membangun industri pariwisata di Kota Bontang. Ia harap akan semakin banyak masyarakat yang mulai menunjukkan kesadaran akan potensi wisata yang Bontang miliki dalam bentuk dukungan dan apresiasi besar terhadap pagelaran seni serta wisata yang dilaksanakan.

Bagikan berita ini!
  • 3
    Shares