oleh

Formasi CPNS Bontang Ditetapkan, Ini Rinciannya Kebagian 196 Kuota, Tenaga Kesehatan Paling Dicari

BONTANG – Formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk di Bontang telah ditetapkan. Hasilnya, dari 196 formasi CPNS di Bontang, terdiri dari tenaga guru 72 formasi, tenaga kesehatan 74 formasi, dan tenaga teknis 50 formasi.

Formasi tersebut, tertuang dalam Surat Keputusan Wali Kota Bontang nomor 810/58/BKPP.02 tentang Penerimaan CPNS Daerah di Lingkungan Pemkot Bontang Formasi tahun 2018. Adapun SK tersebut merupakan tindak lanjut dari Surat Kepala Badan Kepegawaian Negara tanggal 17 September 2018 nomor K26-30/V 134-2/99 perihal Pengumuman Penerimaan CPNS tahun 2018.

Sekretaris Badan Kepegawaian, Pelatihan, dan Pendidikan (BKPP) Bontang Sigit Alfian mengatakan, formasi penerimaan CPNS ini diminta oleh BKN agar diumumkan 19 September secara serentak. Sementara untuk pengumuman secara rinci dan pendaftaran dapat dilakukan paling cepat Rabu (26/9) pekan depan melalui situs sscn.bkn.go.id. “Pendaftaran akan dilakukan sesuai dengan ketentuan Peraturan Pemerintah nomor 11 tahun 2017,” jelasnya, Rabu (19/9) kemarin.

Kata dia, kuota CPNS tahun ini hanya untuk umum. Sementara, bagi para pegawai honorer, pemerintah pusat tidak membuka formasinya. “Tetapi kami sarankan ikut tes CPNS saja, sepanjang ada formasinya sesuai dengan kualifikasi pendidikan dalam formasi,” ujarnya.

Disinggung mengenai putra daerah, Sigit menjelaskan bahwa seleksi CPNS ini dirancang oleh pemerintah secara profesional. Artinya, tes atau seleksi yang menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) dilakukan dengan dua tahap. Tahap pertama tes Seleksi Kemampuan Dasar (SKD), setiap formasi diambil nilai tiga besar secara otomatis oleh aplikasi komputer. Kemudian masuk tahap dua yakni Seleksi Kemampuan Bidang (SKB). “Di sini, pemerintah daerah hanya memfasilitasi pelaksanaan terebut, maka siapa saja bisa mengikuti sepanjang memenuhi persyaratannya,” terang dia.

Bagikan berita ini!
  • 44
    Shares