oleh

Gaji Guru Diputuskan Hari Ini  Ancam Turun Aksi Bila Tak Sesuai Harapan 

SAMARINDA – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim, Jumat (21/9) ini, memanggil perwakilan guru honorer yang mengajar di SMA/SMK Negeri. Pemanggilan sebagai tindak lanjut pro dan kontra penetapan tambahan gaji atau insentif untuk para pendidik yang berada dalam wewenang Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim.

Pertemuan yang sedianya diadakan di Gedung Karang Paci itu diagendakan pukul 08.00 Wita hari ini. Namun demikian, para guru honorer melalui Forum Sahabat Pendidik dan Tenaga Kependidikan Honorer (FORSA-PTKH) Kaltim tak menerima surat resmi dari DPRD Kaltim perihal pertemuan tersebut.

Hal itu diungkapkan Ketua FORSA-PTKH Kaltim, Abdul Samad, Kamis (20/9) kemarin. Menurutnya, Kepala Disdikbud Kaltim hanya meminta pihaknya untuk hadir dalam rapat dengar pendapat itu.

“Saya dihubungi Pak Idhamsyah. Beliau Kepala Bidang Ketenagaan Disdikbud Kaltim. Jadi belum ada surat undangannya. Tetapi yang pasti kami akan hadir. Karena ini permintaan dari atasan kami Kepala Disdikbud Kaltim,” ungkapnya.

Dalam rapat dengar pendapat itu, kata Samad, pihaknya akan menyampaikan beragam aspirasi dari para guru. Perihal munculnya opsi baru dari Disdikbud, guru honorer akan mempertimbangkannya jika didasarkan aturan yang berlaku.

“Tergantung penjelasannya nanti. Kalau penjelasan itu tidak bisa kami terima, ya mungkin saja akan kami adakan penolakan. Karena sebenarnya teman-teman ini tidak setuju. Bahkan mereka mau aksi. Sekarang sudah ada penggalangan massa,” bebernya.

Namun sejauh ini, FORSA-PTKH masih tetap kekeh pada komitmen awal. Yakni tidak menerima kebijakan penambahan gaji empat bulan dari Disdikbud Kaltim. Dia menekankan, dialog dengan Disdikbud dan DPRD Kaltim akan didahulukan sebelum dilakukan demonstrasi.

“Demonstrasi itu langkah terakhir. Tetapi kalau misalnya penjelasan itu tidak memberikan kami kepuasan, mungkin saja kami akan menolaknya. Tetapi semuanya kita lihat besok (hari ini, Red.),” imbuhnya.

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share