Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Sangatta

Petani Bengalon Keluhkan Banjir dan Irigasi Bupati Buat Kajian Khusus dan Janji Realisasikan 

Published

on

Dibaca normal 1 menit

SANGATTA – Saat mengikuti panen raya di Desa Sepaso Selatan, Kecamatan Bengalon, Bupati Kutim, Ismunandar mendapatkan keluhan dari petani khususnya gabungan kelompok tani (Gapoktan).

Ternyata, keluhan ini memang dinantikan oleh orang nomor satu di Kutim  tersebut. Di antara keluhan itu ialah masalah banjir dan pengairan.

Menanggapi hal itu, bupati berjanji akan membuat kajian khusus untuk menemukan solusi tepat. Mulai dari perencanaan untuk memecahkan permasalahan banjir dan persoalan kurangnya pasokan air.

“Dinas Pertanian buatkan laporan bahwa kawasan ini perlu penanggulangan air. Untuk itu sebelum anggaran perubahan dalam proses, harus diusulkan. Jadi bulan ini akan mengalokasikan untuk perencanaan pembangunan irigasinya. Sedangkan tahun depan baru usulkan bentuk (pembangunan) fisiknya,” pinta  Ismu kepada kadistan.

Dirinya juga sedikit memberikan sentilan kepada perusahaan setempat.  Bupati berharap peran serta perusahan setempat untuk mengabulkan permintaan warga. Khususnya para petani.

“Bisa melakukan pendampingan kepada petani di Kecamatan Bengalon. Sehingga seluruh potensi lahan pertanian di Bengalon bisa tergarap dan hasil panen semakin melimpah,” katanya.

Meskipun banyak tantangan petani, Ismu tetap mengapresiasi. Dirinya mengaku bersyukur dengan panen raya petani Desa Sepaso Selatan. Pasalnya sejak kegagalan tanam perdana pada 2016 lalu, karena banjir, tahun ini para petani sukses panen raya.

“Alhamdulillah petani Sepaso Selatan tahun ini berhasil panen raya. Semoga produksinya terus meningkat,” harapnya.

Kepala Desa Bengalon, Ismail melaporkan  untuk pertanian di wilayahnya terdapat lahan seluas 210 hektare (Ha) yang berpotensi untuk dikembangkan menjadi lahan persawahan.

Tetapi sampai saat ini baru tergarap 50 Ha, dengan hasil panen diperkirakan 5,9 ton per Ha. Merupakan hasil pertanian yang digarap empat poktan.

“Yaitu Kelompok Tani Suka Makmur, Suka Sejahtera, Suka Subur, dan Berkat Bersama yang berada di Desa Sepaso Selatan, Kecamatan Bengalon,” katanya.

Sebelumnya1 dari 2 halaman
Gunakan tanda ← → (panah) untuk membaca

Advertisement
Comments