oleh

 “Tanaman Cinta” Capai Tujuh Ribuan  DLH Sebut Kurangi Polusi Udara dan Emisi Gas Rumah Kaca 

BONTANG – Instruksi Wali Kota Nomor 4 Tahun 2016 yang mewajibkan setiap calon pasangan pengantin menanam bibit tanaman, hingga kini terus berjalan. Berdasarkan data dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) jumlah “tanaman cinta” kini sudah mencapai 7.922 pohon.

Kasi Pengendalian Kerusakan Lingkungan DLH, Bambang Dani Sworo mengatakan bibit tanaman yang dibawa calon pengantin (catin) berjumlah tiga bibit. Kemudian bibit tersebut dicatat oleh tiap kelurahan. Bentuknya bisa berupa pohon pelindung, buah-buahan, dan tanaman hias.

“Jadi bebas, catin bisa menanam bibit apa saja yang masuk dari tiga klasifikasi tersebut,” kata Bambang saat ditemui Bontang Post, beberapa waktu lalu.

Adapun yang masuk klasifikasi pohon pelindung ialah mahoni dan trembesi, sedangkan tanaman hias biasanya berupa bugenvil. Sedangkan untuk buah-buahan, dipaparkannya kebanyakan warga menanam bibit kelengkeng, mangga, alpukat, sukun, dan sirsak.

Menurutnya prioritas penanaman dilakukan di ruang terbuka hijau. Namun bila dirasa lahan di kelurahan sudah menipis, maka catin dapat menanam di pekarangan rumahnya sendiri. Bahkan DLH sudah menyiapkan strategi jika kedua lokasi tersebut telah kritis, yakni penanaman di median jalan. Namun bibit tanaman nantinya akan dipilih yang tidak merusak kontruksi dari median jalan tersebut.

“Salah satu kelurahan yang berdasarkan laporan sudah kritis lahan ialah Tanjung Laut Indah,” ungkapnya.

Dikatakan Bambang, manfaat dari penanaman ini ialah untuk mengurangi polusi udara dan emisi gas rumah kaca. Namun hingga kini DLH belum melakukan riset terkait dampak setelah instruksi wali kota ini diberlakukan. Sebagai informasi, seluruh wilayah di Indonesia ditargetkan pemerintah pusat terjadi penurunan gas emisi sebesar 26 persen  sampai tahun 2020.

“Perbedaan yang jelas tadinya daerah Bontang panas, setelah banyak menanam pohon agak tidak panas lagi, kota industri itu selalu panas. Kalau besaran penurunannya, DLH belum menghitungnya,” ucapnya.

Bagikan berita ini!
  • 6
    Shares
loading...