Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Advertorial

Danrem Ingatkan Pengawasan Orang Asing Dalam Sertijab Dua Dandim, Waspadai Teroris dan Narkoba

Published

on

Dibaca normal 4 menit

SAMARINDA – Danrem 091/Aji Surya Natakseuma (ASN) Brigjen TNI Irham Waroihan mengingatkan beberapa poin yang perlu menjadi perhatian oleh Komandan Kodim (Dandim) di wilayah Kaltim. Khususnya yang berada dalam lingkungan Korem 091/ASN. Salah satu penekanannya yaitu dalam hal pengawasan terhadap orang asing (POA).

“Seperti kita ketahui bersama di wilayah Provinsi Kaltim merupakan salah satu daerah tujuan masuknya tenaga kerja asing secara illegal. Sehingga apabila permasalahan tersebut tidak diantisipasi dengan baik akan berdampak pada persoalan sosial, politik, ekonomi, dan keamanan di wilayah,” kata Danrem kala memimpin serah terima jabatan (Sertijab) Dandim 0901 Samarinda dan Dandim 0902 Tanjung Redeb di Samarinda, Kamis (20/9) lalu.

Selain pengawasan orang asing, beberapa potensi ancaman juga ditekankan Danrem. Meliputi ancaman terorisme sebagai salah satu wujud ancaman nyata terhadap keutuhan wilayah, kedaulatan bangsa, dan keselamatan bangsa Indonesia. Kata dia, ancaman tersebut bersifat laten, dinamis, dapat muncul secara tidak terprediksi, mendadak, dan berpengaruh secara langsung terhadap stabilitas nasional.

“Oleh karena itu, pemberdayaan seluruh komponen bangsa dalam penanggulangan terorisme harus dilakukan secara komprehensif dengan mendayagunakan segenap kekuatan dan sumber daya di wilayah dalam menjaga kepentingan pertahanan dan keamanan negara serta eksistensi NKRI,” jelas Irham.

Pun demikian dengan masalah penyalahgunaan narkoba yang juga disebut ancaman nyata bagi ketahanan bangsa. Menurut dia, penyalahgunaan narkoba di tengah-tengah masyarakat sudah sangat meresahkan. Bahkan sudah masuk pada seluruh tingkat kehidupan sosial. Sehingga menjadi sulit untuk dideteksi pergerakannya.

“Untuk itu saya perintahkan kepada Komandan Kodim agar memerangi secara serius permasalahan narkoba. Lakukan tindakan pencegahan penyalahgunaan narkoba baik itu di internal dan eksternal satuan masing-masing, koordinasikan Polri dan BNN (Badan Narkotika Nasional, Red.) dalam penanganannya,” pesannya.

Sebelumnya1 dari 3 halaman
Gunakan tanda ← → (panah) untuk membaca

Advertisement
Comments