oleh

Pemilih Wajib Cermat dan Kenali Calon Pada Pemilu 2019 Bakal Ada Lima Surat Suara yang Dicoblos

SAMARINDA – Pemilihan Umum (pemilu) 2019 akan jauh berbeda dengan pemilu empat tahun setengah yang lalu. Pasalnya, tahun depan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden akan dilaksanakan secara serentak. Karenanya, pemilih diminta untuk berpartisipasi aktif selama tahapan kampanye dan sosialisasi pemilu.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltim, Muhammad Taufik mengatakan, terdapat lima surat suara yang akan dicoblos pemilih di pemilu 2019. Antara lain surat suara untuk calon presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota, dan DPD RI.

Selama tahapan kampanye berlangsung, Taufik menyarankan, para pemilih aktif mengenali calon yang akan dipilih. Dengan begitu, di masa pencoblosan tidak lagi bingung menentukan pilihan.

“Kenali visi dan misi mereka. Tidak hanya nama dan latar belakang saja. Harus benar-benar kenal semua hal. Ini juga menjadi tugas kita untuk menyosialisasikan pemilu ini,” imbuhnya, Ahad (23/9) kemarin.

Kata dia, perbedaan dalam pemilu kali ini tidak hanya terjadi pada jumlah surat suara yang dicoblos, tetapi juga tempat pemungutan suara (TPS) dipastikan lebih banyak. Sebab setiap TPS paling maksimal hanya terdapat 300 orang.

“Kami sudah instruksikan, di setiap TPS tidak boleh lebih dari 300 pemilih. Jadi ada penambahan TPS. TPS juga makin dekat. Ada di rumah-rumah warga. Nanti semakin memberikan kemudahan bagi pemilih untuk menyalurkan hak suaranya,” kata dia.

Dia meminta pada seluruh peserta pemilu agar menjalankan aturan kampanye. Antara lain tidak menyebarkan hoaks, ujaran kebencian, politisasi SARA, dan politik uang.

Selain itu, sebelum kampanye, seluruh partai politik serta tim sukses calon presiden dan wakil presiden diminta untuk menyampaikan jadwal kampanye dan dana yang akan digunakan.

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share
loading...