oleh

Wawali Terima e-ARSIP dari Arsip Nasional RI 

BONTANG- Arsip Nasional Republik Indonesia menyerahkan aplikasi e-ARSIP dengan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) kepada Pemerintah Kota Bontang, Selasa (25/9) pagi. Aplikasi ini diterima oleh Wakil Wali Kota Bontang, Basri Rase di Pendopo Rujab Wali Kota Bontang.

Turut hadir menyaksikan yaitu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Bontang Dobi Rizami, sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Bontang, Tim Arsip Nasional RI Syaifuddin dan rombongan, serta 13 peserta pendampingan dari enam instansi pemerintah.

Dalam arahannya, Basri mengucapkan selamat datang kepada Tim Arsip Nasional RI di Kota Taman. Ia juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Pemerintah Kota Bontang untuk menggunakan sistem ini.

“Terima kasih kepada Arsip Nasional RI yang percaya pada Pemerintah Kota Bontang. Saya yakin tim memberikan aplikasi ini karena Bontang memiliki tata kelola arsip yang baik,” kata Basri.

Ia selanjutnya berharap ke depan Sistem Informasi Kearsiapan Dinamis (SIKD) dapat membantu Pemkot Bontang untuk lebih baik lagi dalam pengelolaan arsip.  “Keberadaan sistem ini menambah jajaran aplikasi guna mendukung e-governance serta perwujudan Bontang sebagai smart city,” tambahnya.

Basri kemudian melanjutkan, negara yang maju adalah negara yang memiliki tata kelola kearsipan yang baik. Negara yang maju sadar akan pentingnya kegiatan penyelamatan arsip aset kekayaan intelektual bangsa dan industri strategis nasional lainnya yang dihasilkan dari suatu bangsa sebagai bukti pertanggungjawaban nasional.

Ia pun berharap pengelola arsip dan arsiparis bisa belajar dari negara-negara ini. Ia optimistis sistem ini dapat dimanfaatkan pemerintah untuk mempermudah instansi dalam pengelolaan arsip khususnya arsip dinamis.

Selain menerima sistem, Basri juga membuka kegiatan pendampingan e-ARSIP yang diikuti oleh 13 peserta pendampingan dari enam instansi pemerintah. Pendampingan berlangsung selama 3 hari yakni 25-27 September di Pendopo Rujab Wali Kota Bontang dengan narasumber Tim Arsip Nasional RI.

Bagikan berita ini!
  • 13
    Shares