Golkar Ngotot Ganti Alphad 

SAMARINDA – Pengadilan Negeri (PN) Samarinda memutuskan penundaan penggantian antar waktu (PAW) terhadap lima anggota DPRD Kota Samarinda yang mencalonkan diri sebagai anggota legislatif dari partai berbeda dengan pemilu terakhir. Putusan tersebut mengundang pro dan kontra di publik Benua Etam.

Tiga dari lima anggota dewan tersebut berasal dari Partai Golongan Karya (Golkar). Antara lain Alphad Syarif, Mashari Rais, dan Adhigustiawarman. Ketiganya kompak pindah ke Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Sementara dua orang lainnya, Ahmad Reza Pahlevi dari Partai Nasional Demokrat (NasDem) dan Saiful berasal dari Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura). Keduanya juga memilih mencalonkan diri sebagai anggota legislatif di Partai Gerindra.

Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Partai Golkar Kaltim, Abdul Kadir menyatakan, putusan pengadilan tidak akan menghentikan langkah partai berlambang beringin itu untuk mengajukan PAW.

“Kami enggak ada urusan dengan putusan pengadilan negeri. Kami mengacu kepada undang-undang. PAW itu kan kewajiban partai. Jadi kewajiban dan hak partai melaksanakan undang-undang,” ucapnya, Selasa (25/9) kemarin.

Kata dia, sebelum penetapan daftar calon tetap (DPT), ketiganya telah mengajukan pengunduran diri sebagai anggota Partai Golkar. Kemudian, pimpinan partai menyetujui permohonan tersebut.

“Yang bersangkutan dengan kesadarannya sendiri, saudara Alphad Syarif, Mashari Rais, dan Adhigustiawarman tidak pernah dipaksa untuk berhenti dan mengundurkan diri dari partai. Yang bersangkutan datang dan meminta untuk disetujui pengunduran dirinya. Dan itu sudah disetujui oleh Golkar,” bebernya.

Sejatinya, setelah surat pengunduran diri tersebut disetujui, ketiganya tidak lagi memiliki hak di Partai Golkar. Begitu juga dengan haknya sebagai anggota DPRD telah gugur seiring ditetapkannya sebagai calon anggota legislatif dari Partai Gerindra.

“Berarti kan sah yang bersangkutan tidak lagi menjabat sebagai anggota DPRD Samarinda dari Fraksi Golkar. Dan hak Partai Golkar untuk melaksanakan PAW sesuai dengan ketentuan undang-undang,” tegasnya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Comments

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept