Feature

Terpicu Ucapan Sang Ibu untuk Suarakan Aspirasi Rakyat

Menjadi salah seorang wakil DPRD Bontang tak pernah terpikirkan oleh pengusaha muda kelahiran 47 tahun silam ini. Namun, ucapan mendiang sang ibu seakan menjadi pemicu semangat untuk duduk di kursi wakil rakyat.

MEGA ASRI, Bontang

Rustam, pengusaha muda yang merupakan putra daerah Bontang ini memang aktif di berbagai organisasi. Bahkan di partai politik besar yang menjadi “perahunya”, Rustam terbilang paling senior.

Karena keaktifannya di berbagai organisasi juga, membawa jalan mulus baginya mendapatkan jatah kursi di parlemen daerah. Meski ayah dari empat orang anak ini mengakui, tantangan menjadi seorang pengusaha dengan menjadi anggota DPRD terbilang sama.

Diceritakan Rustam, kata-kata sang Ibu menjadi spirit besar baginya untuk duduk di kursi dewan. Kata pria keturunan Bone ini, amanah dari sang ibu sangat berpengaruh untuk kehidupannya.

“Jadi saat itu ibu saya sempat berkata, mengapa teman-temanmu bisa menjadi anggota DPRD sedangkan kamu tidak bisa. Di situlah saya harus meyakinkan diri saya sendiri agar bisa mengikuti jejak teman-teman saya,” ungkap Rustam.

Kala itu, di Partai Golkar tempat namanya dibesarkan, masih ada aturan yang dituakan dan berkesinambungan. Sehingga Rustam harus rela menunggu daftar tunggu untuk dicalonkan sebagai anggota dewan.

Setelah menunggu tiga kali pemilihan, tibalah giliran dirinya yang masuk sebagai calon anggora legislatif dari Partai Golkar.  Rustam pun gencar menguji dirinya di berbagai organisasi.

Pada pemilihan legislatif (Pileg) tahun 2014 lalu, Rustam pun masuk sebagai lima besar suara terbanyak di Partai Golkar pada daerah pemilihan (dapil) III Bontang Utara.  Empat tahun berjalan, suka duka menjadi anggota DPRD Bontang telah dilalui Rustam.

Melalui kiprahnya di DPRD Bontang, pemilik tiga hotel di Bontang ini merasa dirinya bisa bermanfaat bagi masyarakat Bontang. Di mana aspirasi masyarakat dia tampung untuk kemudian dicarikan solusinya bersama Pemkot Bontang.

“Ketika kami sudah menjadi anggota dewan, kami ini bukan lagi hanya untuk dapil saja, tetapi menjadi kesatuan untuk masyarakat Bontang,” ujarnya.

Kata Rustam, berbagai aspirasi mereka perjuangkan. Mulai dari pendidikan, kesehatan, infrastruktur hingga lingkungan. Bagaimana caranya supaya pendidikan dan kesehatan masyarakat Bontang dijamin pemerintah, lingkungan sesuai baku mutu serta lainnya.

Terkait duka saat menjadi dewan, banyak pula telah dia rasakan. Salah satunya yakni saat mendapat cibiran dari masyarakat. Namun hal itu tidak menyulutkan niatnya untuk kembali berjuang. “Cibiran justru menjadikan spirit untuk saya agar bisa menjadi lebih baik lagi,” kata Rustam.

Menjelang akhir masa jabatannya, Rustam kembali bertarung untuk memperebutkan satu dari 25 kursi dewan. Beruntung dirinya masih dipercaya partainya dan diberi amanah dengan nomor urut 1. Terkait visi misi, Rustam mengaku sesuai dengan visi misi partai yakni “Untuk Kesejahteraan Seluruh Masyarakat Indonesia”.

“Karena caleg itu menjalankan amanah partai, dan visi misi partailah yang kami bawa. NKRI tetap harga mati, walau saya incumbent, tetapi saya tetap berjuang,” tuturnya.

Menurutnya, melihat berbagai permasalahan di Bontang, rata-rata ditemui secara umum seperti masalah air, banjir, tempat ibadah, sekolah dan lainnya.  Meski demikian, Rustam terus mencoba menggenjot pemerintah agar menyediakan satu anggaran untuk persiapan Bontang pascamigas. Baik itu untuk membuat satu kawasan industri kecil seperti memaksimalkan tempat wisata maritim di Bontang.

Dia pun berharap jika terpilih lagi dan diberikan amanah masyarakat Bontang untuk yang kedua kalinya, akan konsisten memperjuangkan kelangsungan Bontang. Di mana Rustam juga masuk sebagai salah satu tokoh yang memperjuangkan Bontang menjadi kotamadya.

“Saya punya prinsip hidup tak boleh menyakiti orang. Makanya harus memperbanyak teman dan jalin silaturahmi. Karena manfaatnya sangat luar biasa,” tutupnya. (***)

TENTANG RUSTAM

Nama Lengkap: H. Rustam SE, MM

TTL: Bontang, 27 Mei 1971

Alamat: Jalan Reformasi (Eks Jalan Tenis) RT 37 Kelurahan Api-Api Kecamatan Bontang Utara

Nama Istri: Wahyu Sugiyarti

Nama Anak:

  • Rizky Ichramsyah
  • Muh Rivaldy Rustam
  • Aqillah Rachil Zahrana Rustam
  • Raissa Putri Elysia Rustam

RIWAYAT PENDIDIKAN:

  • SDN 006 Bontang
  • SMPN 1 Bontang
  • SMA Samarinda
  • S1 Ekonomi Manajemen Universitas Trunajaya
  • S2 Magister Manajemen Universitas Mulawarman

RIWAYAT ORGANISASI

  • Ketua AMPI Bontang 2006-2011
  • Ketua AMPI Bontang 2011- sekarang
  • Wakil Ketua Partai Golkar sampai sekarang
  • Ketua PHRI Kota Bontang sampai sekarang
  • Ketua PRSI Bontang
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button