oleh

Peran Ibu dalam Mencetak Generasi Peradaban

-Opini-110 views

Oleh Retno Furi Handayani, A.Md

( Ibu Rumah Tangga )

Indonesia baru saja didaulat menjadi tuan rumah penyelenggara perhelatan tokoh-tokoh perempuan dunia pada gelaran Sidang Umum ke-35 ICW (International Council of Women), pada tanggal 13-18 September 2018. Dalam pertemuan tersebut membahas bagaimana mentransformasi masyarakat melalui pemberdayaan perempuan. Perempuan dinilai memiliki peranan yang sangat penting dalam hal berinovasi di bidang industri kreatif dan mampu mendongkrak nilai perekonomian bangsa.

Perempuan di era milenial ini seakan dituntut untuk berbuat lebih. Bahkan mereka didorong untuk aktif di luar rumah dengan dalih persamaan gender dan eksistensi diri. Dan pada akhirnya profesi sebagai ibu rumah tangga bukan lagi menjadi pilihan. Padahal salah satu fungsi perempuan dalam Islam adalah sebagai Ummu Madrasatul ‘Ula yaitu ibu sebagai madrasah pertama bagi anak-anaknya. Ibu merupakan tempat pertama untuk anak bertanya tentang ilmu-ilmu kehidupan. Juga merupakan tempat ternyaman anak-anak dalam menceritakan pengalaman hidupnya. Jika ibu absen dalam hal ini maka bisa dipastikan anak akan kehilangan sosok orang yang mampu dijadikan tempat bertanya dan bercerita. Maka banyak kita lihat sekarang anak yang terjerumus dalam pergaulan yang salah. Ada yg terlibat tawuran, pergaulan bebas bahkan terjerat narkoba. Na’udzubillah…

Nilai ibu sebagai Ummu wa Robbatul Bayt atau ibu sebagai pengatur rumah, juga sering disubkontrakkan pada para asisten rumah tangga. Sehingga rumah seakan tak bernyawa karena tidak ada sosok ibu yang selalu mampu mengatur urusan domestik rumah. Sehingga tak jarang muncul kasus perceraian yang dipicu karena kurangnya komunikasi yang terjadi di dalam keluarga. Berdasarkan data dari Dirjen Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung pada periode 2014-2016 perceraian di Indonesia trennya memang meningkat. Dari 344.237 perceraian pada 2014, naik menjadi 365.633 perceraian di 2016. Rata-rata angka perceraian naik 3 persen per tahunnya.

Bagikan berita ini!
  • 30
    Shares