Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Samarinda

KPU Perlu Ekstra Hati-hati Distribusikan Logistik Pemilu  Antisipasi Kesalahan di Pemilu Serentak 

Published

on

Dibaca normal 2 menit

SAMARINDA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltim mesti berhati-hati dalam mendistribusikan surat suara untuk pemilu 2019. Pasalnya di pemilihan legislatif (pileg) saja terdapat enam daerah pemilihan (dapil) dengan surat suara berbeda.

Komisioner KPU Kaltim, Ida Farida Ernada mengaku, pihaknya akan menghadapi banyak kerumitan dalam distribusi surat suara tersebut. Selain surat suara untuk calon anggota DPRD, ada pula surat suara untuk DPR RI, DPD, serta calon presiden dan wakil presiden.

“Di kabupaten/kota, antara dapil saja beda surat suaranya. Jadi enggak boleh salah. Harus cermat, dibuka, disusun, dan dihitung dengan teliti,” katanya, Rabu (10/10) kemarin.

Tidak hanya itu, pendistribusian surat suara dari pusat juga berpotensi tertukar antar satu provinsi dengan provinsi lainnya. Kasus demikian dapat terjadi jika sejak awal surat suara tidak diperiksa petugas di setiap daerah.

Apabila surat suara yang belum diperiksa secara cermat tersebut terlanjur disebar di setiap dapil, kemudian pemilih menggunakan hak pilihnya, maka mesti dilakukan pemilihan ulang.

“Enggak usah jauh antar provinsi, dapil di Samarinda ini saja di pemilu lalu ada yang tertukar. Orang sudah nyoblos. Jadi harus diulang (pemilihannya, Red.),” sebut dia.

Karenanya, sejak pengadaan surat suara di tingkat pusat, KPU tidak hanya menyerahkan begitu saja proses pelelangan melalui mekanisme online. Pihaknya harus memastikan jumlah surat suara yang akan dicetak di setiap dapil.

“Ini kan lelangnya di pusat. Kami tinggal klik saja. Misalnya di Samarinda sekian ribu. Ini juga perlu tindak lanjut. Tidak hanya menyerahkan pada perusahaan (yang menang tender, Red.). Kami juga harus koordinasi,” katanya.

Kata Ida, KPU akan mengevaluasi setiap tahapan sebelum pengiriman surat suara di sepuluh kabupaten/kota di Kaltim. Langkah berikutnya yakni melatih seluruh penyelenggara pemilu di daerah. Supaya nantinya cermat dalam memeriksa dan membagikan surat suara.

Sebelumnya1 dari 2 halaman
Gunakan tanda ← → (panah) untuk membaca