Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Samarinda

Kenaikan BBM Nonsubsidi Tak Pengaruhi Inflasi Masyarakat Diminta Tak Khawatir 

Published

on

Dibaca normal 3 menit

SAMARINDA – Pemerintah pusat melalui PT Pertamina telah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi jenis pertamax series, dex series, dan biosolar non-public service obligation (PSO). Sementara itu, harga BBM jenis premium, biosolar PSO, dan pertalite tidak akan dinaikkan oleh pemerintah.

Pengamat ekonomi dari Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda, Aji Sofyan Effendi mengatakan, kenaikan harga BBM nonsubsidi tersebut mengikuti tren kenaikan harga minyak di pasar global.

Sejak awal, pemerintah pusat telah mengambil kebijakan bahwa perubahan harga BBM nonsubsidi bergerak sesuai mekanisme pasar dunia. Jika harga minya dunia naik, maka harga di tingkat nasional juga akan ikut terkerek.

Karenanya, dia mengingatkan pada masyarakat agar tidak panik dengan perubahan harga BBM tersebut. Pasalnya, BBM nonsubsidi hanya digunakan kalangan menengah ke atas.

“Kalau benar ini akan naik, maka tentu BBM nonsubsidi hanya digunakan untuk kendaraan yang dimiliki kalangan menengah ke atas. Artinya, dampak secara ekonimi sih tidak terlalu berbahaya,” jelasnya, Rabu (10/10) kemarin.

Kenaikan harga BBM nonsubsidi tersebut, lanjut dia, justru akan berefek positif bagi beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Karena pemerintah pusat tidak perlu mengeluarkan anggaran untuk menyubsidi BBM nonsubsidi.

“Tentu ini akan mengurangi defisit APBN. Akan mengurangi alokasi anggaran dengan dinilai ratusan triliun,” jelasnya.

Guru besar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unmul itu berpendapat, efek buruk kenaikan harga BBM akan benar-benar terasa jika yang dinaikkan pemerintah adalah BBM subsidi.

Sebab pada umumnya, BBM jenis itu digunakan kalangan menengah ke bawah. Pergerakan harga BBM subsidi akan berimbas pada perekonomian di beragam sektor.

“Karena digunakan oleh gojek, kendaraan umum, termasuk orang-orang yang menggunakan premium,” ucapnya.

Sebelumnya1 dari 3 halaman
Gunakan tanda ← → (panah) untuk membaca