Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Bontang

Gammi Bawis, Kuliner Tradisional Mendunia

Published

on

Dibaca normal 4 menit

WISATA tak melulu tentang tempat indah. Melainkan, juga meliputi wisata rasa alias kuliner. Menu Gammi Bawis adalah yang paling awal muncul ketika bicara kuliner khas Bontang. Bagi warga Bontang, menu ini sudah sangat familiar. Belakangan, namanya mulai menasional bahkan mendunia.

Gammi Bawis pertama kali dipopulerkan masyarakat Bontang Kuala. Istilah gammi memiliki arti sambal. yang sudah dikenal lama di Bontang, dan telah menjadi makanan sehari-hari masyarakat Bontang Kuala. Apalagi ketika mereka ingin pergi melaut, gammi kerap menjadi perbekalan utama mereka. Selain praktis, gammi nikmat dimakan dengan nasi meski tanpa lauk pauk.

“Gammi ini memang sudah menjadi makanannya orang-orang Bontang Kuala sejak dahulu. Tidak untuk bawis saja, tetapi juga bisa dinikmati bersama makanan yang lain,” kata Jafar, salah satu sesepuh dan tokoh masyarakat Bontang Kuala.

Sementara Bawis, merupakan jenis ikan laut yang masuk dalam kategori baronang lingkis. Ciri-cirinya, ikan ini memiliki banyak duri dan ukuran paling besar hanya seukuran telapak tangan orang dewasa.

Uniknya, ikan ini dikabarkan hanya bisa ditemukan di perairan laut Bontang. Dibandingkan dengan jenis ikan yang lain, populasi ikan bawis ini lebih mendominasi ketimbang jenis ikan lainnya.

Banyaknya padang lamun di perairan laut Bontang menjadi faktor terbesar ikan ini masih mudah ditemui. Pasalnya, banyaknya lumut yang menempel di padang lamun menjadi makanan utama mereka. Ikan ini diketahui sering ditemukan bergerombol di padang lamun.

“Asal kata bawis itu dari bentuk ikannya yang menyerupai daun bawing. Kalau ikan bawis bergerombol makan di padang lamun, persis membentuk pohon bawing. Dari kata bawing inilah lama-lama tercetus kata bawis,” beber Jafar.

“Karena sering diucapkan berulang-ulang, akhirnya sebutan ikan bawis menjadi populer,” tambah pria yang juga menjabat Ketua Masyarakat Peduli Indikasi Geografis ini.

Sebelumnya1 dari 3 halaman
Gunakan tanda ← → (panah) untuk membaca

Advertisement
Comments