oleh

Monumen Tambang Dibangun  Harap Jadi Ikon Wisata di Kutim 

SANGATTA – Tepat di hari jadi Kutai Timur (Kutim) ke-19, Jumat (12/10) kemarin. Kabupaten yang  terkenal kaya dengan hasil tambang batu baranya tersebut, baru saja meresmikan Monumen Tambang Kutim di Polder Ilham Maulana Sangatta, guna menarik warga lokal dan luar untuk dapat berwisata. Peresmian tersebut ditandai dengan peletakkan batu pertama yang dilakukan Bupati Kutim, Ismunandar.

Bupati Kutim Ismunandar mengatakan, pembangunan monumen tambang tersebut merupakan kado ulang tahun Kutim. Apalagi yang akan menjadi ikon di monumen ini adalah HD Liebheer T 282 B merupakan Haul Truck (HD) yang sulit dilihat secara langsung kecuali masuk ke areal tambang.

“Pembangunan monumen ini mudah-mudahan bisa selesai sebelum pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi Kaltim (Porprov) VI bulan Desember mendatang,” harapnya.

Ismunandar menambahkan,  monumen atau ikon ini, nantinya harus bisa dijaga dari aksi vandalisme atau aksi corat-coret yang bisa mengurangi estetika atau keindahan sebuah bangunan.

JADI IKON BARU: Bupati Kutim Ismunandar meletakkan batu pertama sebagai tanda diresmikannnya pembangunan Monumen Tambang Kutim, Jumat (12/10)(IST)

”Mari kita jaga dengan baik agar ikon ini bisa menjadi kebanggaan sekaligus daya tarik pariwisata masyarakat dari luar Sangatta,” pinta Ismu.

Sementara itu, CEO PT Kaltim Prima Coal (KPC) Muhammad Rudy menjelaskan, proses mobilisasi HD Truck berukuran raksasa ini harus minta izin ke pemerintah pusat, yang berurusan dengan kementerian bahkan sampai ke tangan presiden.

“Saya yakin dengan niat dan maksud yang baik ini proses perizinan atau administrasi itu lancar,” jelas Rudy.

Dalam peresmian tersebut turut pula dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Kutim Kasmidi Bulang, Sekretaris Daerah (Sekda) Irawansyah, Dandim 0909/Sangatta Letkol Inf Kamil Bahren Pasha, dan Dan Lanal Sangatta  Letkol ( P) Laut Binsar Sitorus (ver)

Bagikan berita ini!
  • 3
    Shares