Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Samarinda

Harga Sayuran Merangkak Naik  Pasokan Menipis Akibat Terhentinya Distribusi dari Palu

Published

on

Dibaca normal 3 menit

SAMARINDA – Harga beberapa barang di Pasar Segiri mengalami kenaikan. Harga komoditas yang mengalami kenaikan salah satunya adalah kol. Sebelumnya, kol hanya dijual dengan harga Rp 5 ribu per kilogram (kg), sekarang naik menjadi Rp 10 – Rp 12 ribu per kg. (selengkapnya lihat infografis).

Hal ini diungkapkan oleh Ida Farida, salah satu pedagang di Pasar Segiri. Ia mengatakan, hal ini terjadi dikarenakan berkurangnya pasokan yang biasa dikirim dari Palu. Sebab, rata-rata barang yang dikirim dari salah satu wilayah di Sulawesi Tengah (Sulteng) itu mengalami kenaikan hingga Rp 5 ribu per kg.

Sebagaimana diketahui, sebelumnnya musibah gempa dan tsunami sempat menerpa kawasan sebagai salah satu penyuplai sayuran di beberapa pasar tradisional di Kota Tepian itu.

“Barang yang dari Palu selalu datang terlambat. Biasanya pagi sudah datang, ini sore baru datang. Selain itu, barang yang datang pun terbilang sedikit. Biasanya tiga sampai empat kapal, sekarang hanya dua hingga tiga kapal. Makanya harga barang jadi naik, soalnya stoknya kurang,” tutur dia kepada Metro Samarinda, Jumat (12/10) kemarin.

Selain kol, ia berkata, harga barang yang mengalami kenaikan adalah labu siam, kembang kol, sawi putih, daun bawang dan wortel. Sedangkan stok barang-barang yang lain terbilang aman karena mendapat pasokan dari daerah yang berbeda.

“Ini saja untung ada pasokan dari Sulawesi masuk. Kalau tidak, pasti harganya terus naik. Kalau seperti bawang harganya masih stabil cuma Rp 15 ribu per kg,” ujarnya.

Hal yang sama pun diungkapkan oleh Riani, salah satu pedagang di Pasar Segiri. Kendati demikian, daripada harus menjualnya dengan harga mahal, wanita paruh baya ini lebih memilih mengambil stok barang dari daerah lain.
“Ada sih barang dari Palu, tapi mahal. Makanya saya lebih memilih mengambil barang dari Jawa. Ini dari Surabaya,” ujarnya sambil menunjuk kol yang sedang ia bersihkan.

Sebelumnya1 dari 3 halaman
Gunakan tanda ← → (panah) untuk membaca

Advertisement
Comments