Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Bontang

Bimbel Gratis Sasar Warga Tak Mampu  Bakal Lakukan Survei, Jangkau Seluruh Kelurahan

Published

on

Dibaca normal 1 menit

BONTANG – Pelajar yang berstatus dari keluarga kurang mampu, menjadi prioritas untuk bisa ikut dalam program Bimbingan Belajar Bontang (Bintang) yang diinisiasi oleh Dinas Pendidikan (Disdik).

Peserta program bimbel gratis dari Pemkot Bontang tersebut saat ini telah menyasar di tiga kelurahan. Di antaranya Kelurahan Bontang Kuala, Kelurahan Kanaan, dan Kelurahan Berbas Pantai. Secara bertahap, nantinya bimbel ini menjangkau ke seluruh kelurahan yang ada di Bontang.

Kepala Disdik Bontang Akhmad Suharto mengatakan, terkait dengan peserta bimbel, pihaknya telah bekerja sama dengan setiap kecamatan di Bontang untuk menentukan siapa saja siswa-siswi yang didaftarkan untuk ikut. Tentunya kata dia, dalam melakukan pemilihan peserta, pihak kecamatan bersama kelurahan akan melakukan servei terlebih dahulu terkait dengan kondisi calon peserta.

“Meski baru dilaksanakan di tiga kelurahan, namun saat ini saja peserta sudah membludak. Satu kelas seharusnya kapasitas 26 orang, saat ini sudah 28 orang. Kalau terlalu banyak tentu kelas menjadi tidak efektif,” ujar Suharto saat diwawancarai Bontang Post belum lama ini.

Sudah dimulai sejak 17 September lalu, program ini diprioritaskan bagi pelajar yang orang tuanya bestatus kurang mampu. Mekanisme pembelajarannya, Disdik menetukan salah satu sekolah di kelurahan tersebut untuk dipakai menjadi ruang bimbel. Adapun tenaga pengajarnya, Disdik melakukan bekerja sama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Untuk jenjang Sekolah Dasar (SD), bimbelnya dilaksanakan sebanyak 3 kali sepekan. Sementara jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), dilaksanakan sebanyak 4 kali sepekan.

“Mata pelajaran yang diajarkan hanya pelajaran yang akan di-UN (Ujian Nasional, Red.)-kan saja,” terangnya.

Untuk itu Akhmad Suharto berharap, melalui bimbel gratis ini kualitas kecerdasan siswa bisa semakin meningkat dan mendukung program wajib belajar (wajar) dari pukul 19.00-21.00 Wita. Selain itu, juga sekaligus mengimplementasikan visi misi Bontang dalam mewujudkan smart city. (bbg)

Sebelumnya1 dari 2 halaman
Gunakan tanda ← → (panah) untuk membaca

Advertisement
Comments