Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Samarinda

Penuhi Kebutuhan Pendidikan Setiap Anak, Berikan Bantuan Seragam dan Pengobatan  Komitmen Pemkot Samarinda untuk Korban Bencana Sulteng 

Published

on

Dibaca normal 2 menit

Tidak hanya sandang dan pangan, pemerintah pusat juga mengharapkan setiap kabupaten/kota yang menerima pengungsi bencana gempa dan tsunami dari Sulawesi Tengah (Sulteng) dapat turut dibantu dalam hal pendidikan.  Pasalnya, di antara pengungsi tersebut juga banyak terdapat anak-anak yang terpaksa harus putus sekolah karena jauh dari kampung halaman.

DEVI NILA SARI, Samarinda

WALI Kota Samarinda Syaharie Jaang sejak jauh-jauh hari, tepatnya saat para pengungsi mulai berdatangan pada Rabu (8/10) lalu, mengaku siap menampung dan mengurus pendidikan para anak korban bencana Sulteng.

Hanya saja data mengenai jumlah anak-anak yang akan disekolahkan tersebut terkesan susah didapat.  Dinas Sosial (Dinsos) Samarinda sebagai lembaga kemasyarakatan yang diberi amanat mengenai hal tersebut belum dapat dikonfirmasi.

Dari data yang dihimpun media ini, tercatat jumlah siswa SD mutasi dari Palu dan Donggala berjumlah 25 orang. Sedangkan, siswa SMP berjumlah 12 orang. Sehingga, untuk saat ini total anak yang sekolah di Kota Tepian ada 37 orang.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Samarinda, Akhmad Hidayat mengaku, bahwa para anak pengungsi tersebut sudah didata bahkan sudah mulai bersekolah. “Mereka sudah mulai sekolah, bahkan kami juga membantu dalam hal seragam dan keperluan sekolah lainnya,” ujarnya, Selasa (16/10) kemarin.

Sementara itu, Camat Palaran, Suwarso mengatakan, bahwa anak-anak pengungsi yang akan sekolah di Samarinda itu bahkan sudah mulai belajar dari minggu lalu. “Sekira Kamis atau Jumat lalu mereka sudah mulai sekolah. Administrasinya sudah kami urus,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, untuk kasus anak-anak pengungsi yang disekolahkan ini memang diperlakukan khusus. Tidak hanya dalam hal pendidikan namun juga pengobatannya. Karena musibah merupakan bencana nasional dan semua pihak memang diminta untuk turut membantu.

Sebelumnya1 dari 3 halaman
Gunakan tanda ← → (panah) untuk membaca

Advertisement
Comments