Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Bontang

Masuk Musim Hujan, BPBD Ingatkan Potensi Bencana  “Lebih Baik Sedia Payung Sebelum Hujan”

Published

on

Dibaca normal 1 menit

BONTANG – Memasuki musim hujan yang diprediksi terjadi sepanjang Oktober 2018 sampai April 2019, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bontang mengingatkan semua komponen masyarakat Kota Taman. Untuk lebih waspada dan mengantisipasi sejak dini terkait berbagai potensi bencana yang bisa terjadi.

“Lebih baik sedia payung sebelum hujan,” kata Kepala Pelaksana BPBD Bontang, Ahmad Yani.

Dikatakan Yani, beberapa potensi bencana yang rawan terjadi saat musim hujan di antaranya banjir, angin kencang, maupun tanah longsor. Sehingga dirinya meminta masyarakat untuk melakukan beberapa hal sebagai langkah antisipasi.

Seperti memangkas pohon yang sudah lapuk atau mengurangi dahan yang rimbun yang dapat membahayakan bangunan atau jaringan kabel listrik. Selain itu, dia juga meminta warga rajin membersihkan lingkungan secara intensif.

Khususnya selokan dan parit yang dapat menyumbang aliran air sehingga berpotensi menimbulkan air tergenang, bahkan banjir. “Jangan lupa menutup tempat-tempat yang berpotensi berkembang biaknya nyamuk-nyamuk penyebab demam berdarah,” ucapnya.

Kata Yani, banjir masih menjadi salah satu bencana yang kerap menghantui masyarakat. Pasalnya jika Bontang terkena banjir yang cukup parah, beberapa wilayah menjadi lumpuh akibat rumah warga banyak yang tenggelam. Akses lalu lintas di beberapa wilayah juga mengalami kelumpuhan.

Selain banjir, yang harus diwaspadai juga adalah terjadinya hujan lebat disertai angin kencang dan petir. “Fenomena ini perlu diwaspadai. Karena jika terjadi, berpotensi menimbulkan berbagai kerusakan infrastruktur maupun menimbulkan korban jiwa,” katanya.

Terakhir, Yani juga mengingatkan untuk mengantisipasi bahaya tanah longsor. Bencana ini bisa saja terjadi karena dipicu intensitas dan frukuensi hujan yang tinggi. Daerah yang rawan terjadi hal tersebut kata dia, yaitu daerah padat permukiman penduduk yng tinggal di kawasan lereng atau perbukitan.

Sebelumnya1 dari 2 halaman
Gunakan tanda ← → (panah) untuk membaca

Advertisement
Comments