Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Advertorial

Badak LNG Turunkan 150 Unit Bibit di Pulau Segajah  Metode Reef Cage, Percepat Pertumbuhan Terumbu Karang  

Published

on

Dibaca normal 2 menit

BONTANG – Komitmen Badak LNG dalam upaya membangun kawasan pesisir kota Bontang, kembali diwujudkan. Kali ini melalui pelaksanaan penurunan transplantasi terumbu karang reef cage di area Pulau Segajah, Bontang Kuala, Rabu (17/10). Mengingat sebagian besar wilayah Bontang terdiri dari kawasan pesisir, laut, dan gugusan pulau-pulau yang memiliki keragaman biota.

Program yang sudah berjalan sejak 2014 silam itu menjadi bagian program besar Bontang Kuala Ecotourism. Yang meliputi susur sungai Belanda, wisata Karang Segajah, Karang Pesilan, Floating Homestay dan wisata bawah laut.

Saat itu Badak LNG mulai melakukan transplantasi terumbu karang dengan metode bioreeftech atau menggunakan batok kelapa. Seiring berjalannya waktu, metode tersebut menjadi kian berkembang. Saat ini digunakan metode reef cage, yang dinilai lebih cepat memacu pertumbuhan terumbu karang.

Director & COO Badak LNG, Gitut Yuliaskar dalam sambutannya memaparkan, hingga saat ini Badak LNG telah berhasil melakukan transplantasi sebanyak 60 unit dengan ukuran diameter 1,5 meter per unit. Dan di 2018 ini Badak LNG akan kembali melakukan transplantasi sebanyak 50 unit dengan nilai Rp 30 juta.

Dilanjutkan dengan mengaitkan bibit terumbu karang menggunakan metode reef cage.(FAHMI FAJRI/BONTANG POST)

“Rasa syukur kembali kami panjatkan karena di tahun ini, PT Pertamina (Persero) juga memberikan dukungan dalam upaya pelestarian lingkungan perairan kota Bontang oleh Kelompok Masyarakat Kreatif Pesisir (Maskapei) melalui penanaman sebanyak 100 reef cage dengan nilai Rp 70 juta,” tutur Gitut.

Kini program transplantasi terumbu karang telah memberikan kontribusi dalam pengembangan pariwisata yaitu Bontang Kuala Ecotourism. Di mana salah satu titik wisata yang ditawarkan adalah snorkeling menikmati keindahan terumbu karang, baik yang masih alami maupun hasil transplantasi.

Sebelumnya1 dari 2 halaman
Gunakan tanda ← → (panah) untuk membaca

Advertisement
Comments