Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Sangatta

IPA Tahap 2 Ditarget Rampung November Bakal Layani 8 Ribu Pelanggan

Published

on

Dibaca normal 1 menit

SANGATTA – Pejabat Sementara (Pjs) Direktur PDAM Tirta Tuah Benua (PDAM) Kutim, Suparjan melakukan pengecekan proyek Instalasi Pengolahan Air (IPA) Kudungga Tahap II, di Jalan Soekarno Hatta, Rabu, (17/10) kemarin.

Suparjan mengungkapkan, pembangunan tahap II ini dikerjakan sepenuhnya oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kutim. Diperkirakan rampung November tahun ini.

“Jika tidak ada halangan. Uji coba akan kami lakukan di akhir November mendatang” ujarnya  di sela pengecekan ke lokasi pembangunan.

Lebih lanjut, Mantan Kepala Teknik PDAM ini menjelaskan, proyek pembangunan yang ada meliputi Bak Prasedimentasi, sistem aerator, pompa transfer hingga reservoir kapasitas 1000 meter kubik.

“Semua itu komponen pembangunan IPA kapasitas 50 liter/detik. Jika rampung total IPA Kudungga menjadi 100 liter/detik,” kata Suparjan.

Sementara itu, pengerjaan jaringan pipa dari IPA Kudungga menuju kawasan bukit pelangi terus berjalan.

“Yang tersisa hanya pekerjaan pelengkap. Pekerjaan utama sudah 90 % berjalan,” tegasnya.

Untuk diketahui, jika IPA kudungga tahap II ini rampung maka akan mengkover 40 % area perkotaan. Di antaranya kawasan bukit pelangi, Jalan AW Syahranie (Eks Pendidikan) termasuk perumahan murah dari program pak Presiden RI Joko Widodo.

Sedangkan untuk jumlah layanan dari Kapasitas IPA 100 liter/detik, nantinya bisa melayani hingga 8.000 pelanggan. (dy)

Advertisement
Comments