Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Sangatta

PT AE Diduga Gelapkan Uang Karyawan Setiap Gajian Dipotong Rp 400 – Rp  1,7 Juta

Published

on

Dibaca normal 2 menit

SANGATTA – Perusahaan PT Anugerah Energytama yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit di Kecamatan Bengalon, diduga menggelapkan uang karyawan.

Atas dugaan tersebut, perusahaan ini didemo karyawannya sendiri. Sedikitnya ada tiga sebab terjadinya aksi damai tersebut. Pertama, masalah keterlambatan upah, pemotongan gaji secara ilegal, dan larangan berserikat. Dari data sementara ini, sedikitnya 80 buruh yang dirugikan.

Binsar Ritongah, Koordinator Wilayah Kaltim Serikat Buruh Perkebunan Indonesia (Serbundo) mengatakan, yang paling disoal ialah masalah pemotongan gaji tanpa sepengetahuan buruh. Pemotongan gaji pun terbilang berlebihan. Berkisar antara Rp 400-Rp 1,7 juta.

Tidak diketahui pasti pemotongan tersebut. Pasalnya, pihak perusahaan tak terbuka. Terkesan menutupi. Padahal, gaji tersebut merupakan hak karyawan. Seharusnya karyawan mengetahui semua gaji yang dipotong untuk keperluan apa.

“Kalau gaji dipotong sudah empat bulanan ini. Kalau keterlambatan gajian sudah enam bulanan. Kami juga tak memiliki slip gaji,” jelas Binsar.

Atas masalah ini, Binsar melaporkan perusahaan kepada Polda. Laporan terkait dugaan penggelapan uang karyawan. Kemudian, perusahaan juga dilaporkan kepada Disnaker Kutim. Yakni tentang keterlambatan upah, pemotongan gaji, dan larangan berserikat.

“Kami sudah melakukan pertemuan dengan perusahaan. Tetapi mereka tak pernah transparan. Tidak berikan alasan dan solusi. Makanya kami langsung laporkan saja ke Polda dan Disnaker,” kata Binsar.

Sementara itu Koordinator Aksi, Maksimus Hambur selaku Ketua Serikat Buruh Perkebunan Indonesia Pengurus basis PT AE di estate gunung kudung membenarkan, jika telah dilakukan aksi demontrasi di depan kantor Manajemen PT AE GKOE.

Demo dilakukan terkait adanya pemotongan gaji buruh, keterlambatan upah, dan tidak pernah adanya slip gaji diberikan oleh pihak manajemen ketika buruh menerima gaji. Sehingga uang yang mereka terima mengalami pemotongan yang mereka tidak ketahui perinciannya.

Sebelumnya1 dari 2 halaman
Gunakan tanda ← → (panah) untuk membaca

Advertisement
Comments