Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Bontang

Pansus Banjir Jadwalkan Sidak  Bakal Sambangi Indominco, Waduk Kanaan, dan Daerah Aliran Sungai

Published

on

Dibaca normal 2 menit

BONTANG – Panitia khusus (Pansus) Banjir DPRD dalam waktu dekat bakal menggelar inspeksi mendadak (sidak). Lokasi pertama yang bakal dituju ialah kawasan PT Indominco Mandiri. Ketua Pansus Banjir Bakhtiar Wakkang mengatakan, untuk kepastian waktu sidak tidak dapat diberitahukan saat ini.

“Nanti saja informasinya. Yang jelas dalam waktu dekat kami akan sidak,” kata pria yang akrab disapa Tiar ini, Kamis (18/10) kemarin.

Sidak ini juga memastikan sehubungan hasil kajian dari tim akademisi Universitas Mulawarman (Unmul). Di mana aktivitas pertambangan di bagian hulu bukan merupakan penyebab utama banjir tahun lalu. Meskipun ada potensi walaupun dengan skala relatif kecil. “Ada potensinya tapi kecil saja,” ungkapnya.

Tak hanya itu, beberapa titik juga akan dikunjungi oleh Pansus Banjir. Termasuk Waduk Kanaan dan beberapa daerah aliran sungai (DAS). Mengingat dari hasil kajian, banjir terjadi akibat dari kerusakan DAS.

“Rencananya empat titik yang bakal kami kunjungi nantinya,” ucapnya.

Sebelumnya, wacana untuk menggelar sidak sudah pernah tercetus Agustus silam. Saat itu, pansus mendapatkan informasi dari Badan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Mahakam Berau, bahwa sumber banjir berada di daerah hulu. Namun, rencana tersebut tertunda lantaran pansus ingin mendengarkan paparan dari tim akademisi terlebih dahulu.

Hasil kajian tim akademisi, kondisi DAS yang belum rusak dialiri 63 meter kubik per detik. Banyaknya rawa membuat Bontang tidak banjir. Sementara kondisi DAS rusak diperoleh debit  air 92,83 meter kubik per detik. Pada debit besar ditambah kondisi tata guna lahan yang kurang akan resapan air membuat Bontang dipastikan terkena banjir.

Tata guna lahan pun menjadi sorotan. Mengingat beberapa daerah resapan air saat ini justru berubah fungsi menjadi daerah permukiman. Salah satunya, ialah warga yang menempati bantaran sungai. Meskipun beberapa di antara mereka telah mengantongi sertifikat.

Sebelumnya1 dari 2 halaman
Gunakan tanda ← → (panah) untuk membaca

Advertisement
Comments