Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Bontang

Disambar Petir, Berujung Korsleting Penyebab Meteran Listrik di Toko Baju Meledak

Published

on

Dibaca normal 2 menit

BONTANG – Ledakan dan api yang muncul di meteran listrik toko pakaian Celcius Jalan Bhayangkara, Kamis (18/10) siang lalu, rupanya diakibatkan  sambaran petir pada jaringan PLN. Akibat sambaran petir tersebut, terjadilah korsleting yang kemudian diikuti percikan api dan munculnya kobaran api. Hal ini dijelaskan Manager PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Bontang, Poniman, saat diwawancarai Bontang Post di ruang kerjanya, Jumat (19/10) kemarin.

Dikatakan Poniman, kejadian tersebut sudah sering ditemukan di lapangan, utamanya saat musim hujan. Bahkan di hari yang sama kata Poniman, meledaknya meteran listrik tidak hanya terjadi di toko celcius, tetapi juga terjadi di 12 rumah pelanggan PLN yang lain.

Dari kejadian tersebut kata dia, beruntung yang terkena dampaknya hanya meteran listrik. Yang lebih parah jika sampai berdampak pada kerusakan hingga meledaknya sejumlah barang elektronik yang terpasang di dalam rumah. Jika sudah seperti itu kata Poniman, maka langkah yang dilakukan adalah mengganti meteran listrik.

Terkait biaya penggantian, karena hal tersebut terjadi karena faktor alam, sehingga biaya tidak dibebankan kepada pelanggan,  melainkan akan ditanggung oleh PLN. “Gejala kerusakan meteran listrik bermacam-macam. Ada yang meledak, ada yang hanya tampilan di meteran prabayarnya kosong. Jika sudah seperti itu, maka harus diganti,” ujarnya.

Poniman mengimbau kepada masyarakat jika terjadi ledakan pada meteran listrik atau gangguan listrik lainnya, untuk segera melaporkan ke PLN. Nantinya PLN akan menindaklanjuti dengan menerjunkan petugasnya ke lokasi kejadian.

Poniman menambahkan, maraknya kebakaran yang terjadi akibat korsleting listrik bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Seperti pemasangan instalasi yang tidak standar, usia peralatan listrik yang sudah sistem pentanahan (grounding) yang kurang baik, penggunaan peralatan listrik yang tidak standar dengan daya hantar kabel, hingga pemakaian daya yang berlebih. Untuk itu, dirinya mengimbau kepada pelanggan agar senantiasa memeriksa kembali instalasi dan peralatan listrik di rumah, memperbaiki sistem grounding, hingga menyesuaikan pemakaian beban listri dengan daya yang terpasang. (bbg)

Sebelumnya1 dari 2 halaman
Gunakan tanda ← → (panah) untuk membaca

Advertisement
Comments