Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Samarinda

Hak Alphad Dkk Ditangguhkan  Kepastian Tunggu Berita Acara dari DPRD 

Published

on

Dibaca normal 1 menit

SAMARINDA – Ketua DPRD Samarinda Alphad Syarif dkk tampaknya mesti berlapang dada. Pasalnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda menegaskan penangguhan gaji lima anggota dewan yang memutuskan maju sebagai calon legislatif (caleg) 2019 mendatang dengan menunggangi partai yang berbeda itu.

Keputusan itu dibuat berdasar rapat bersama antara Pemkot, DPRD Samarinda, beserta eks partai pengusung Alphad dkk yakni Partai Golongan Karya (Golkar), Nasional Demokrat (NasDem), dan Hati Nurani Rakyat (Hanura) yang digelar di Balai Kota Samarinda, Jumat (19/10) kemarin.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretariat Kota (Setkot) Samarinda, Tejo Sutarnoto mengatakan, hal tersebut dilakukan terlebih ketika nama wakil rakyat itu sudah masuk dalam daftar pilih tetap (DCT).

“Begitulah keputusannya. Sesuai surat edaran dari Mendagri juga seperti itu, hak dan kewajiban anggota dewan tersebut ditangguhkan sampai proses PAW (pergantian antar-waktu) nya selesai,” ujarnya.

Begitupun mengenai masalah PAW lima anggota dewan dimaksud. Tejo berkata, pihaknya mengharapkan agar surat pemberhentian lima wakil rakyat itu dapat dibuat ulang untuk kemudian diteruskan kepada pimpinan DPRD, Wali Kota Samarinda, dan Gubernur Kaltim.

“Namun itu semua tergantung partai, kalau kami maunya secepatnya. Hal ini dilakukan hanya untuk mempertegas kembali. Karena surat pemberhentian yang dibuat partai pengusung sebelumnya hanya berdasarkan surat pengunduran diri. Kalau sekarang surat tersebut akan diterbitkan lagi atas dasar surat pengunduran diri dan nama yang telah tercantum di DCT. Apalagi sempat ada putusan sela, walau sebenarnya tidak berhubungan namun kami tetap menghormati putusan tersebut,” beber dia.

Sementara itu, Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Samarinda, Agus Tri Sunarto mengatakan hal yang serupa. Nanti pihaknya akan membuat berita acara mengenai penangguhan gaji tersebut, yang akan diteruskan ke balai kota dan pimpinan dewan.

Sebelumnya1 dari 2 halaman
Gunakan tanda ← → (panah) untuk membaca

Advertisement
Comments