Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Sponsored Content

PKM Unmul Sosialisasi Pendampingan Usaha Dorong Masyarakat Kreatif Ciptakan dan Kembangkan Selai Buah Naga

Published

on

Dibaca normal 1 menit

SAMARINDA – Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda, Sabtu (20/10) pagi ini, melaksanakan sosialisasi dan pendampingan terhadap kelompok usaha tani untuk menciptakan, mengembangkan, dan memasarkan produk di KM 36, RT 6, Kelurahan Sungai Merdeka, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Ketua Tim PKM Unmul Samarinda, Farida Sitania mengatakan, pihaknya berupaya mendampingi kelompok tani untuk memudahkan kemasan dan pemasaran produk yang dihasilkan Kelompok Wanita Tani (KWT).

“Kami tidak hanya melakukan latihan, tetapi juga mendampingi kelompok sampai produk bisa dipasarkan,” katanya.

Dia menyebut, banyak hasil pertanian, khususnya buah naga yang belum sepenuhnya dapat dikemas dan dipasarkan. Karena itu, kelompok tani perlu didampingi hingga produk yang dihasilkan terjual di pasar.

“Sebagai akademisi, kami tidak hanya melakukan sosialisasi, tetapi juga memastikan produk yang dihasilkan bisa terjual. Inilah bentuk pengabdian kami di masyarakat,” ucapnya.

Produk yang dihasilkan kelompok tani itu yakni berbahan dasar buah naga dan nanas. “Ini akan dibuat jadi selai,” sebut Farida.

Dalam sosialisasi dan pendampingan tersebut, Farida Sitania didampingi Ketua KWT Mekar Abadi Samboja Kukar, Farida Hanum.

Kegiatan diikuti oleh lima kelompok. Sejumlah kelompok usaha itu berasal Kelurahan Sungai Merdeka dan Kekurahan Bukit Merdeka, Samboja, Kukar. (*/um/ser)

Advertisement
Comments