Anda tidak bisa menyalin berita ini. Info lebih lanjut, hubungi admin di [email protected]
Kolom Redaksi

Jangan Sampai Meleng

Ini jelas adalah alarm yang harus benar-benar dijadikan peringatan. Apalagi disadari bila gadget memiliki daya tarik fenomenal yang bisa mengalihkan penggunanya dari lingkungan sekitar. Termasuk mengabaikan anak sendiri. Bila demikian, musibah mengintip terjadi baik itu penculikan maupun hal-hal berbahaya lainnya yang mengancam keselamatan anak.

Bila sudah begitu, maka yang tersisa hanya penyesalan. Lantaran gadget yang sejatinya harganya tak seberapa, melayanglah buah hati yang begitu berharga dan tak tergantikan. Tentu ini sangat disayangkan.

Sebagai orang tua yang memiliki anak, tentu kita harus saling mengingatkan. Jangan sampai kecanduan kita pada gadget membuat kita melupakan anak sekalipun itu dalam hitungan detik saja. Di sini, perlu bagi orang tua untuk bisa mengatasi kecanduannya akan gadget, demi meminimalisasi bencana yang bisa terjadi.

Langkah yang bisa dilakukan misalnya, dengan tidak menggunakan gadget sama sekali ketika sedang bersama anak, khususnya ketika sedang menjaga atau mengawasi anak di tempat-tempat umum. Kalaupun terpaksa, misalnya harus menelepon atau menerima telepon, pastikan pandangan tak terlepas mengawasi anak.

Selain godaan gadget, hal lain yang bisa mengalihkan perhatian orang tua adalah ketika berjumpa dengan teman atau kerabat. Acapkali, perjumpaan itu berlanjut dengan obrolan akrab, yang saking akrabnya membuat terlupakan akan kehadiran anak. Hal ini juga harus menjadi perhatian, khususnya kaum ibu yang suka bergosip.

Obrolan memang penting demi menjaga relasi, akan tetapi, pengawasan terhadap anak jauh lebih penting. Maka yang perlu dilakukan tak beda dengan kala terpaksa menggunakan gadget. Namun lantaran daya tarik obrolan kerap membuat kita fokus pada orang yang sedang diajak bicara, sebaiknya anak dipegang, digendong, atau dipangku.

Faktanya bahaya penculikan yang mengincar anak-anak kita sudah sampai ke dalam rumah kita sendiri yang selama ini kita anggap aman. Dalam beberapa kesempatan, penculik telah melakukan pendekatan sampai ke rumah-rumah, misalnya dengan menunggu empunya rumah lengah misalnya tertidur, mandi, atau sibuk di dapur.

Laman sebelumnya 1 2 3 4 5Laman berikutnya
Tags

Related Articles

Comment

Check Also

Close
Back to top button