Jangan Sampai Meleng

Untuk itu, perlu bagi kita yang berencana menitipkan anak kepada pengasuh atau asisten rumah tangga, agar lebih mengetahui latar belakang mereka dengan sebaik-baiknya. Bila dari awal kita sudah curiga, atau melihat perangai yang tidak baik, lebih baik untuk tidak menggunakan atau meneruskan jasa pengasuh tersebut. Maka harus selektif, memilih pengasuh atau asisten rumah tangga yang benar-benar bisa diandalkan.

Selain pengawasan, keberanian juga perlu dilakukan oleh orang tua dalam mengantisipasi ancaman penculik. Pasalnya, penculik “zaman now” tak segan-segan beraksi di keramaian. Saya pernah membaca sebuah kabar yang belum dipastikan kebenarannya, mengenai seorang ibu yang anaknya direbut begitu saja di pasar.

Lantaran si penculik memaki-maki ibu tersebut dan mengklaim anak sang ibu sebagai anaknya. Aksi ini berjalan mulus lantaran sebelum melakukannya, si penculik telah mengorek beragam informasi tentang si anak, yang ironisnya didapatinya dari si ibu itu sendiri. Ibu yang ketakutan itu hanya bisa menangis ketika anaknya diambil di depan orang banyak, secara terang-terangan.

Sekalipun belum bisa dipastikan kebenaran kabar ini, namun menjadi pelajaran bagi kita untuk memiliki keberanian atas buah hati kita. Harus berani berteriak ketika kita dan buah hati kita berada dalam bahaya. Di satu sisi, kita harus membatasi diri untuk tidak menceritakan informasi mengenai anak-anak kita secara lengkap, yang rupanya bisa disalahgunakan oleh para penculik tak bertanggung jawab.

Meski harus meningkatkan kewaspadaan agar jangan sampai meleng dalam mengawasi anak, kita juga jangan sampai menjadi paranoid menyikapi isu penculikan. Jangan nanti kita asal menuduh orang sebagai penculik lantaran curiga orang itu adalah penculik.

Karena bila kita asal menuduh, bisa berdampak pada aksi main hakim sendiri yang telah terjadi di Indonesia dan di India. Sampai-sampai di India sana, seorang pencari kerja tewas dihajar massa lantaran dituduh menculik. Gara-gara terpengaruh video hoaks penculikan yang sudah terlanjur beredar dan dipercayai di masyarakat.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Comments

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept