Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Samarinda

Dana Kelurahan Dinilai Dapat Mendukung Pembangunan Tekankan Pemberian Anggaran Harus Berdasarkan Aturan

Published

on

Dibaca normal 2 menit

 “Prinsipnya banyak sekali yang dapat dilakukan apabila ada dana kelurahan dari pemerintah pusat. Memang diakui sih, di kelurahan ini banyak program yang bisa dijalankan dan dibutuhkan masyarakat. Tetapi enggak bisa terlaksana karena terkendala anggaran”. Nurharyanto (Lurah Lempake Samarinda)

SAMARINDA – Presiden Joko Widodo menjanjikan adanya dana kelurahan di 2019. Janji tersebut sebagai jawaban dari beragam keluhan yang diterima orang nomor satu di Indonesia itu. Sejumlah lurah dan pegawai kelurahan di beragam kota di Indonesia meminta presiden membuat kebijakan yang serupa dengan dana desa.

Kebijakan presiden itu dianggap sebagai “kampanye” di tengah tahun politik yang kian memanas. Terlebih, Jokowi tercatat sebagai petahana yang kembali bertarung dengan calon presiden dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Prabowo Subianto

Lurah Lempake, Kecamatan Samarinda Utara, Samarinda, Nurharyanto mendukung wacana alokasi anggaran untuk seluruh kelurahan di Kota Tepian. Pasalnya, banyak program di kelurahan yang tak dapat diakomodir di anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

“Kalau anggaran untuk kelurahan itu ada, bagus saja. Usulan kami di musrembang (musyawarah perencanaan pembangunan, Red.) itu tidak seluruhnya terakomodir di APBD,” katanya, Ahad (21/10) kemarin.

Dia menyebut, anggaran dari pemerintah pusat dapat digunakan untuk pembangunan infrastruktur dasar, perbaikan gang, dan pemberian modal usaha atau pinjaman tanpa agunan.

“Prinsipnya banyak sekali yang dapat dilakukan apabila ada dana kelurahan dari pemerintah pusat. Memang diakui sih, di kelurahan ini banyak program yang bisa dijalankan dan dibutuhkan masyarakat. Tetapi enggak bisa terlaksana karena terkendala anggaran,” ungkapnya.

Namun dia menekankan, alokasi anggaran kelurahan yang bakal diberikan pemerintah pusat itu mesti memiliki landasan hukum. Sebab setiap anggaran yang digunakan kelurahan, harus didasarkan pada aturan.

Sebelumnya1 dari 2 halaman
Gunakan tanda ← → (panah) untuk membaca

Advertisement
Comments