Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Bontang

Ingin Sulap Segajah Seperti Maladewa

Published

on

Dibaca normal 1 menit

KOTA Bontang harus segera dipersiapkan untuk menghadapi pasca minyak dan gas (migas). Maka dari itu, Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni menginginkan destinasi wisata maritim dikembangkan. Neni pun bermimpi memiliki destinasi wisata seperti Maldives atau Maladewa di Pulau Segajah.

“Saya bermimpi Pulau Segajah bisa seperti Maldives, jika Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bisa membangunnya untuk Bontang (melalui dana alokasi khusus, Red.),” sebut Neni.

Menurutnya, sangat memungkinkan jika Pulau Segajah dibuat seperti Maladewa-nya Bontang. Apalagi, keunikan serta keindahan bawah lautnya yang menjadi nilai tambah untuk Pulau Segajah. “Sangat memungkinkan lebih-lebih jika memang dikelola pihak ketiga,” ujarnya.

Ketika rencana pengembangan sudah bisa diambil alih pihak ketiga, Neni akan meminta pendampingan dari TP4D Bontang. “Ini tinggal bagaimana regulasinya. Kami menunggu petunjuk teknis dan komunikasi dengan pihak ketiga,” ungkapnya.

Disebutkan bahwa rencana pengembangan destinasi wisata tersebut untuk kelangsungan Kota Bontang. Sehingga, ketika migas sudah tidak ada lagi, Bontang bisa tetap maju dan tidak menjadi kota mati. “Semua yang kami upayakan untuk meningkatkan perekonomian Bontang,” ujar Neni.

Selain Segajah, masih banyak destinasi wisata di Bontang yang akan dikembangkan. Seperti Taman Mangrove Berbas Pantai dan Pulau Beras Basah. Sementara wisata yang sudah ada dan menjadi unggulan yakni Sungai Belanda, kampung di atas air Bontang Kuala, Masjid Tua Al-Wahab, Erau Pelas Benua, pentas Adat Guntung, budaya adat Kanaan, serta wisata kuliner Bontang. (mga)

Advertisement
Comments