Breaking News

Kiat Yoga Sebelum Tidur bagi Ibu Hamil. Yuk Disimak

TERTIDUR adalah efek alami dari latihan yoga. Jika Anda ingin menambahkan yoga ke dalam rutinitas sebelum tidur, berdasarkan pemaparan dr. Citra Roseno kepada KlikDokter, begini aktivitas yoga yang cocok dilakukan untuk ibu hamil:

1. Latihan pernapasan (pranayama)

Gerakan ini difokuskan pada menarik dan mengeluarkan napas secara dalam melalui hidung. Latihan ini bisa membantu mengatasi sesak napas pada kehamilan, serta membantu menghadapi kontraksi yang terjadi ketika persalinan.

2. Peregangan

Gerakan ini meregangkan berbagai area tubuh, seperti leher dan lengan, hingga mencapai rentang gerak maksimal. Namun perlu diingat, hormon relaksin pada kehamilan akan membuat rahim membesar, serta turut meningkatkan elastisitas jaringan ikat. Oleh karena itu, hindari gerakan meregang yang berlebihan, karena risiko cedera juga akan ikut meningkat.

3. Postur (asana)

Gerakan ini merupakan gerakan dalam berbagai postur berdiri, duduk, atau berbaring yang bertujuan untuk membangun kekuatan, fleksibilitas, dan keseimbangan tubuh.

4. Pendinginan dan relaksasi

Tujuan dari gerakan ini adalah untuk merelaksasi otot, mengembalikan denyut nadi dan irama napas saat beristirahat, membuat ibu lebih memahami tubuh dengan mendengarkan suara napas sendiri, merasakan sensasi tubuh, serta menenangkan pikiran dan emosi.

Bagi Anda para ibu hamil, ingin terhindar dari gangguan tidur seperti insomnia? Yuk, ikuti cara Meghan Markle untuk mengatasinya dengan melakukan yoga! Dengan tidur nyenyak, kesehatan kehamilan Anda akan lebih terjaga, perkembangan janin pun berjalan dengan optimal.(NP/RVS/klikdokter)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button