Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Kolom Redaksi

Pemuda Indonesia, Buktikan Sumpahmu!

Published

on

Dibaca normal 5 menit

Oleh Lukman M, Redaktur Bontang Post

HARI ini, 28 Oktober diperingati sebagai hari sumpah pemuda. Tepatnya 90 tahun yang lalu, para pemuda dari berbagai daerah di Indonesia berkumpul dalam suatu kongres, untuk menyatukan cita-cita para pemuda dalam mewujudkan kemerdekaan bangsa. Cita-cita itulah yang dikenal dengan “Sumpah Pemuda”.

Tak bisa dimungkiri, peristiwa Sumpah Pemuda ini memiliki peran begitu besar dalam kemerdekaan Indonesia. Lantaran, pertemuan para pemuda ini menunjukkan adanya persatuan dari para pemuda Indonesia demi satu cita-cita mulia. Padahal sebelumnya para pemuda kala itu begitu terkotak-kotak dan saling bersifat kedaerahan sehingga begitu mudah dipecah belah.

Dalam Sumpah Pemuda yang dideklarasikan, para pemuda di zaman pergerakan dahulu menyatakan kesatuan dalam bertumpah darah yaitu tanah Indonesia, kesatuan dalam berbangsa yaitu bangsa Indonesia, dan kesatuan dalam berbahasa yaitu bahasa Indonesia.

Naskah Sumpah Pemuda menjadi sebuah pengakuan, bahwa meskipun berbeda-beda latar belakang, namun para pemuda mengharapkan kesatuan dalam bernegara. Sebagaimana tertuang dalam tiga kalimat Sumpah Pemuda yang begitu fenomenal. Yang sayangnya, mulai dilupakan oleh generasi penerus di masa sekarang.

Maka momen Sumpah Pemuda hari ini mesti dijadikan sebagai pengingat, betapa para pemuda dahulu bisa menjadi begitu bersatu di antara beragam perbedaan yang menyelimuti mereka. Padahal di zaman penjajahan kolonial Belanda itu, mengungkapkan persatuan dan nasionalisme bukanlah hal yang mudah. Terbukti bagaimana lagu Indonesia Raya saja mesti dinyanyikan tanpa lirik.

Sebagai generasi penerus di masa kemerdekaan ini, tentu para pemuda “zaman now” memiliki tugas yang berat dalam melanjutkan estafet Sumpah Pemuda ini. Tiga kalimat persatuan yang telah membakar para pejuang kemerdekaan 90 tahun yang lalu, haruslah juga ada dalam dada para pemuda di zaman yang sudah sangat bebas seperti sekarang ini.

Sebelumnya1 dari 4 halaman
Gunakan tanda ← → (panah) untuk membaca

Advertisement
Comments