Pemuda Indonesia, Buktikan Sumpahmu!

Sejatinya, para pemuda Indonesia “zaman now” memiliki beragam prestasi yang bisa membanggakan negeri. Pembuktian mereka terhadap tanah air dan bangsa, turut dilakukan dengan sepenuh hati sampai-sampai tak memikirkan imbalan atau balas jasa. Murni demi mewujudkan cita-cita Indonesia. Tak sedikit kita bisa baca kisah-kisah para pemuda berprestasi yang begitu menginspirasi lewat beragam karyanya.

Sayangnya, kerap kali upaya para pemuda untuk membuat bangsa ini bersinar dihalangi oleh batasan-batasan atau aturan-aturan yang dibuat pemerintah. Ambil contoh kisah Ricky Elson, teknokrat muda Indonesia yang dianggap sebagai perintis mobil listrik nasional. Sayangnya, regulasi dari pemerintah membuat inovasinya tak kunjung terealisasi.

Padahal di luar negeri, kemampuan Ricky sudah sangat diakui lewat belasan teknologi motor penggerak listrik yang sudah dipatenkan di Jepang. Alhasil, Ricky kembali ke Jepang, perusahaan tempatnya bekerja dahulu lantaran tak mendapat tempat dan dukungan dari pemerintah Indonesia. Bila sudah demikian, siapakah yang harus disalahkan?

Ricky Elson adalah satu dari banyak pemuda Indonesia berbakat yang terlewatkan oleh negeri ini. Mereka terbentur regulasi dan alasan-alasan tak berdasar lainnya dari pemerintah yang membuat mereka tak berkembang. Bukan pemerintah secara umum, melainkan oknum-oknum pejabat pemerintah yang sejatinya memberikan ruang bagi pemuda demi kemajuan bangsa.

Padahal, keberadaan pemuda memiliki peran penting bagi suatu negara. Sebagaimana diungkapkan oleh Presiden Soekarno lewat kata-katanya yang begitu fenomenal “Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia.”

Dengan adanya “penjajah” dari bangsa sendiri, tentu menjadi tantangan tersendiri bagi para pemuda untuk semakin membuktikan sumpahnya kepada negeri. Dalam hal ini, para pemuda yang memegang teguh Sumpah Pemuda, mesti berupaya keras menyingkirkan para “penjajah” itu. Bisa dengan cara terjun berpolitik, atau dengan berusaha keras menduduki posisi-posisi strategis demi memperluas ruang para pemuda membuktikan sumpahnya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Comments

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept