Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Opini

Upaya Membumikan Demokrasi Pancasila di SMA Negeri 1 Bontang dengan Pemilos 2018

Published

on

Dibaca normal 3 menit

Pendidikan adalah sarana untuk membangun dan mengembangkan potensi manusia agar memiliki karakter, integritas, dan kompetensi yang bermakna dalam kehidupan. Seorang  guru yang  professional dalam menjalankan tugasnya sehari – hari  tidak  hanya  dituntut  untuk  mengajar  dan mendidik saja, melainkan harus selalu berinovasi untuk meningkatkan profesionalismenya.

Dalam proses belajar mengajar tugas seorang guru tidak hanya mengajar atau menyampaikan materi saja, tetapi juga bertugas menumbuhkan minat siswa, oleh karenanya dalam menyampaikan materi perlu dilakukan secara menarik.  Hal ini seiring dengan terjadinya perubahan paradikma dari penyajian dengan ceramah ke arah penggunaaan banyak media pembelajaran.

Materi Budaya Demokrasi merupakan materi yang diajarkan kepada siswa kelas XI semester 1. Inti materi ini adalah siswa dapat menganalisis pelaksanaan demokrasi yang berkembang di Indonesia dan menunjukkan perilaku budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari. Indikator materi ini adalah mendeskripsikan prinsip-prinsip budaya demokrasi, menganalisis pelaksanaan demokrasi di Indonesia sejak orde lama, orde baru, dan reformasi, serta dapat menampilkan perilaku budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari.

Sejak reformasi bergulir di negeri ini, atmosfer demokrasi berhembus kencang di segenap lapis dan lini kehidupan masyarakat. Masyarakat pun menyambut “peradaban” baru itu dengan antusias. Kebebasan yang terpasung bertahun-tahun lamanya kembali berkibar di atas panggung kehidupan sosial. Atmosfer demokrasi itu tampaknya sekarang mulai diimbangi dengan kematangan, kedewasaan, dan kearifan, sehingga kebebasan berfikir dan berpendapat telah mulai disalurkan secara bebas tanpa tekanan.

Nafas demokrasi antara lain tersalurkan melalui pemilihan kepala daerah yang tahun ini sedang terjadi. Pihak yang kalah bertarung tidak mau menerima kekalahan dengan sikap lapang dada. Jika perlu, mereka memaksakan diri untuk melakukan tindakan anarki yang jelas-jelas bertentangan dengan nilai-nilai demokrasi.

Sebelumnya1 dari 3 halaman
Gunakan tanda ← → (panah) untuk membaca

Advertisement
Comments