Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Advertorial

Dorong RTH di HP 01 Pupuk Kaltim Ogah Disebut Abaikan Lingkungan

Published

on

Dibaca normal 4 menit

PENEGASAN Pupuk Kaltim dengan mendorong kawasan Hak Pakai (HP) 01 sebagai daerah resapan (recharge area) ditetapkan menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH) Privat, dinilai sebagai komitmen perusahaan untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan masyarakat. Dijelaskan Direktur Teknik dan Pengembangan Pupuk Kaltim Satriyo Nugroho, upaya ini sejalan dengan penerapan industri hijau berwawasan lingkungan yang diterapkan

Pupuk Kaltim, dengan menyetujui pemanfaatan daerah resapan sebagai kawasan penopang ketersediaan air tanah Kota Bontang, yaitu di HP 01. Sebagai kewajiban yang patut diperhatikan sesuai prinsip kelestarian fungsi lingkungan hidup dan kesehatan masyarakat.

Apalagi, hasil penelitian menyebut satu-satunya recharge area di lahan milik Pupuk Kaltim sebagai kawasan lindung air tanah ada di HP 01. Bukan HGB 10 dan HGB 65 pada lahan penghijauan Wanatirta, seperti yang dimaksud Pemkot Bontang.

Dikatakan Satriyo, RTH Privat merupakan kawasan terbuka hijau milik institusi tertentu atau orang perseorangan, dengan pemanfaatan untuk kalangan terbatas. Bisa berupa kebun, halaman rumah, gedung milik masyarakat atau swasta yang ditanami tumbuhan sesuai zonasi dan site plan. Pupuk Kaltim selaku pemilik lahan berhak menentukan RTH Privat yang dapat digunakan sesuai Peraturan Menteri (Permen) PU Nomor 5 Tahun 2008 dan UU Nomor 26 Tahun 2007. “Makanya kami dorong agar HP 01 yang dijadikan RTH Privat, agar fungsi sumber daya air Bontang tetap terjaga. Bukan kawasan HGB 10 dan HGB 65 yang sebenarnya daerah lepasan (discharge area),” ujar Satriyo.

Dirinya menyebut penentuan RTH Privat inilah wujud kontribusi Pupuk Kaltim terhadap lingkungan dalam menjaga pasokan air tanah. Dengan mengarahkan RTH pada RTRW Bontang di lokasi yang sesuai. Agar sasaran penetapan RTH tercapai berdasarkan tujuan revisi Peraturan Daerah (Perda) RTRW Kota Bontang 2012-2032. “Jangan seolah meragukan komitmen Pupuk Kaltim dalam menjaga kelestarian fungsi lingkungan hidup, hanya karena mempertahankan area HGB di lahan Wanatirta,” lanjut Satriyo.

Sebelumnya1 dari 4 halaman
Gunakan tanda ← → (panah) untuk membaca