Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Bontang

Dua RS Tipe D Beroperasi Tahun Depan

Published

on

TIPE B: Mengikuti aturan BPJS, RSUD Taman Husada tidak bisa lagi menjadi rujukan pasien dari Puskesmas.(FAHMI FAJRI/BONTANG POST)
Dibaca normal 1 menit

BONTANG – Kantor Dinas Kesehatan dan Keluarga Bencana (Dinkes-KB) dan Puskesmas Bontang Lestari bakal disulap menjadi rumah sakit tipe D. Feasibility study (FS) pun telah dikantongi. Tahun depan ditargetkan sudah bisa beroperasi.

“Kantor Diskes-KB itu kan dulunya rumah sakit, jadi mau difungsikan kembali,” jelas Neni, Rabu (7/11).

Menurutnya, pembangunan rumah sakit tipe D dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat. Mengingat pasien yang dirujuk dari Puskesmas, tidak bisa langsung ke RS tipe B seperti halnya RSUD Taman Husada. Harus lebih dulu ke tipe D. “Karena harus berjenjang, dan kami tak punya itu (RS tipe D, Red),” ujarnya.

Ketika sudah terbangun dan beroperasi, maka pemerintah menilai sudah memberikan pelayanan maksimal. Rujukan berjenjang pun tertuang dalam aturan BPJS. “Kalau tidak beroperasi, minimal ada progres sampai bagus,” tandasnya.

Sementara, Plt Diskes-KB Bontang Bahauddin menambahkan selama ini, rumah sakit tipe D hanya dimiliki oleh swasta. “Pemerintah akan hadir supaya pelayanan kesehatan semakin maksimal,” ujarnya.

Kata dia, urusan memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat adalah urusan pemerintah. Sementara rumah sakit swasta hanya sebagai pendukung dan mitra. “Kami merujuk sistem BPJS. Terkait anggarannya masih kami hitung, karena hanya merombak yang ada. Tidak membangun dari awal,” pungkasnya. (mga)

Advertisement
Comments