Breaking News

Bilas Pipa Sebulan Sekali, Keluarkan Kerak dan Endapan

SANGATTA – PDAM Tirta Tuah Benua Kutim, rutin melakukan flushing atau pembilasan pipa sebulan sekali. Hal itu dilakukan agar air tetap bersih. Pembilasan pipa berfungsi mengeluarkan endapan kotoran di dalam pipa.

Kepala Cabang PDAM Sangatta Utara Ester Eka Wahyuni melalui Kasi Hubungan Langganan Sukati mengatakan, program pembilasan pipa penting dilakukan agar air yang sampai ke pelanggan tidak keruh.

“Ini penting untuk meningkatkan mutu air kita,” ujarnya saat di temui di kantornya Jalan Agus Salim, Kecamatan Sangatta Utara, kemarin.

Selain itu, pembilasan pipa juga berfungsi membuang kerak, endapan yang berada di dalam saluran pipa. “Endapan itu dibuang lewat ujung pipa atau wash out (WO),” katanya.

Kepala Seksi Distribusi PDAM Cabang Sangatta Utara Andri Putranto menjelaskan, pembilasan pipa dilakukan setiap akhir bulan. Akibat dari pembilasan pipa biasanya air akan menjadi keruh. Tapi hal tersebut tidak lama. “Pembilasan pipa biasanya kami lakukan setiap tanggal 29-30,” terangnya.

Kemudian, untuk memaksimalkan program tersebut ujung pipa atau WO terus ditambah. Tahun 2018 ada lima WO.  Di antaranya di Gang Sahara, Jalan Durian yang terletak di Jalan Yos Sudarso I dan Jalan AW Syahranie hingga Kanal II.

“Tahun 2019 rencana akan kami tambah tiga WO. Seperti di daerah Margo Santoso, Kampung Tator, dan Teluk Lingga,” katanya. (dy)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button