Advertorial

Turunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi

BONTANG – Kecamatan Bontang Selatan serius untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan dan percepatan penurunan angka kematian ibu (AKI) serta angka kematian bayi (AKB). Untuk  menyukseskan hal itu, melalui Seksi Pemberdayaan Masyarakat, Kecamatan Bontang Selatan menggelar lomba Gerakan Sayang Ibu (GSI) di tingkat kecamatan, Selasa (6/11) lalu.

Lomba yang dilaksanakan selama dua hari mulai 6-7 November ini diikuti seluruh kelurahan di wilayah Kecamatan Bontang Selatan.  Puskesmas Bontang Selatan 1, Puskesmas Bontang Selatan 2, dan Puskesmas Bontang Lestari terlibat sebagai tim penilai.

Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Bontang Selatan, H Asis SE menyampaikan, lomba ini juga untuk mengetahui pelaksanaan revitalisasi GSI di kelurahan dalam wilayahnya.

“Dengan penilaian ini, kecamatan dapat mengetahui tingkat keberhasilan dan kekurangan dalam operasional revitalisasi GSI. Sehingga apabila berhasil dapat mempertahankan keberhasilannya dan mengembangkannya,”ungkap Asis.

Dirinya juga menyampaikan, untuk membantu penurunan AKI dan AKB melalui revitalisasi GSI, perlu dilakukan pembinaan secara berjenjang dan berkala. Hal tersebut memerlukan komitmen dari semua pihak yang terlibat.

Salah satu tim penilai dari  Puskesmas Bontang Selatan 1,  MT. Siwiting Budi, Amd Keb mengatakan, GSI adalah suatu gerakan dari masyarakat untuk memantau ibu hamil dan bersalin serta balita yang ada di lingkungan sekitarnya. Pemantauan tersebut dilakukan mulai sang ibu hamil hingga melahirkan.

“Fungsi-fungsi pembinaan harus dilaksanakan, meliputi mempunyai SK Satgas revitalisasi GSI tingkat kecamatan, termasuk rencana kerja Satgas tersebut. Adanya koordinasi pelaksanaan revitalisasi GSI, pembinaan kelurahan, Adanya pencatatan dan pelaporan, serta melakukan peningkatan kapasitas dan melengkapi sarana revitalisasi GSI,” terangnya. (*/one)

 

 

 

 

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button