Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Advertorial

DKP3 Dampingi Kelompok Tani Panen Cabai 

Published

on

BERHASIL: Pegawai DKP3 saat melakukan pendampingan terhadap Kelompok Tani Sejahtera saat melakukan panen cabai keriting, belum lama ini.(DKP3 FOR BONTANG POST)
Dibaca normal 1 menit

BONTANG – Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, dan Pertanian (DKP3) melakukan pendampingan terhadap salah satu kelompok tani cabai yang sedang panen. Kegiatan panen jenis cabai keriting ini dilakukan di Kelompok Tani Sejahtera yang merupakan binaan dari DKP3.  Kelompok tani tersebut berlokasi di Kelurahan Gunung Telihan, Bontang Barat.

Debora Kristiani, Kasi Pertanian, Tanaman Pangan, dan Holtikultura mengatakan, Kelompok Tani Sejahtera merupakan salah satu kelompok yang rutin dipantau oleh DKP3.

Tahun ini kata dia, Kelompok Tani Sejahtera telah melakukan panen sebanyak 3 kali. Namun untuk panen kali ini, lingkupnya masih skala kecil. Nantinya kata dia, setelah ini dilakukan panen raya yang skalanya dalam jumlah besar.

“Panen saat ini masih cabai yang berwarna merah saja. Jika panen raya nanti, maka seluruh cabai yang akan dipanen,” terangnya belum lama ini.

Kata Debora, cabai di Kelompok Tani Sejahtera ini kerap kali gagal panen. Beberapa faktor di antaranya karena terkena sambaran petir, serta pernah terkena genangan banjir. Untuk membantu saat gagal panen, DKP3 pun mengusulkan kelompok tani tersebut untuk mendapatkan prioritas bantuan.

“Melalui bantuan dari Kementerian Pertanian beberapa waktu lalu, Kelompok Tani Sejahtera pun akhirnya mendapat bantuan benih sebanyak 10 bungkus. 8 bungkus berupa bibit cabai keriting, 1 bungkus bibit cabai kecil, dan 1 bungkus bibit cabai besar,”tuturnya.

Debora berharap, dengan berhasilnya pembinaan ke kelompok tani, produksi yang dihasilkan lebih meningkat sehingga kesejahteraan petani juga ikut meningkat. “Harapannya dengan bantuan ini para petani bisa berkelanjutan dan hasilnya bisa kembali dijadikan modal usaha,” pungkasnya. (bbg/adv)