Breaking News

Bukan Rudal, Ternyata Mortir

SANGATTA- Dugaan rudal yang ditemukan warga di Kanal 3 Jalan AW Syahrani Desa Sangatta Utara, Kecamatan Sangatta Utara memasuki babak baru. Dari hasil pengamatan lanjutan yang dilakukan Kodim 0909 Sangatta, alat perang yang ditemukan tersebut ternyata sebuah mortir.

Mortir ini dianggap tak berbahaya. Sekalipun masih aktif, akan tetapi dampaknya tak cukup membahayakan masyarakat sekitar. Tentu saja  tidak seperti yang diberitakan sebelumnya jika daya ledaknya mencapai hingga radius dua kilometer.

Karenanya, warga tak perlu khawatir atas keberadaan alat tersebut. Meskipun begitu, warga tetap tak diperkenankan mengunjungi terlebih memasuki kawasan mortir yang diberi garis polisi. “Mortir tersebut akan diledakkan di tempat jika diketahui masih aktif. Jika tidak, maka akan ada tindak lanjut yang semua diserahkan kepada tim khusus,” kata Dandim 0909 Sangatta, Letkol Inf. Kamil Bahren Pasha.

Kasus ini katanya, sudah dilaporkan ke Korem dan Kodam. Pekan ini akan ada pengecekan langsung dari  Korem. Kunjungan ke Kutim, dalam rangka peninjauan mortir tersebut. “Selain melakukan pemantauan mortir, besar kemungkinan akan dilakukan penyisiran lokasi. Dikhawatirkan, kembali ditemukan benda yang serupa,” katanya.

Petugas sempat membuat garis polisi di sekitar mortir tersebut.(Dok/Sangatta Post)

Saat ini lanjut, Kamil, mortir masih di bawah pengawasan petugas. Baik dari aparat kepolisian maupun kodim. Tentu saja, untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.  “Sampai saat ini kami terus monitor. Jaga-jaga saja. Sabar saja, karena masih dalam tahap proses,” katanya.

Sebelumnya, Sangatta sempat heboh lantaran  ditemukan benda jumbo mirip rudal di Jalan AW. Syahrani Desa Sangatta Utara Kecamatan, Sangatta Utara, Jumat, (9/11) lalu. Benda tersebut ditemukan sekira pukul 10.00 Wita. Menurut keterangan saksi mata, Handoko (35), warga Gang Kedung Adem RT 55, diameter  rudal mencapai 90 cm, ujung atas 45 cm, dan panjang 180 cm. (dy)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button