Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Sangatta

Mulai dari Pedesaan, Pembangunan Mulai Sasar Perkotaan Prioritaskan Pembenahan Permukiman 

Published

on

Dibaca normal 1 menit

SANGATTA – Pemkab Kutim tak setengah-setengah dalam melakukan pemerataan pembangunan di daerahnya. Tak hanya pedalaman, perkotaan pun mulai jadi sasaran pembangunan. Dikatakan oleh Bupati Kutim, Ismunandar, mulai 2019 mendatang pihaknya akan merencanakan pengembangan fasilitas di perkotaan. Seperti Sangatta Utara dan Sangatta Selatan.

“Tahun depan program akan masuk ke pembangunan di perkotaan. Hal itu meliputi perbaikan gang-gang, jalanan, semua harus beres,” katanya saat diwawancarai, Rabu (5/11).

Tidak hanya itu, melihat sejumlah daerah kerap diterpa banjir, pihaknya juga akan memprioritaskan pembenahan drainase. Guna mengurangi luapan di kawasan penduduk. “Banjir juga harus ditangani dengan serius. Masalahnya warga kalau mengeluh langsung ke saya,” tuturnya.

Sesuai dengan arahan presiden yang memprogramkan pembangunan mulai dari pedesaan,  Pemkab Kutim melakukan hal tersebut. Setelah pemerataan dilakukan di beberapa kecamatan, tahap selanjutnya mulai menginventarisasi wilayah Sangatta.

“Di kota juga masih ada beberapa daerah yang perlu perbaikan permukiman, seperti distribusi air bersih, listrik, jalanan, juga selokan,” paparnya.

Ia menjelaskan, untuk melakukan perbaikan daerah tidaklah mudah dan instan. Beberapa proses harus sesuai tahapan. Terlebih anggaran saat ini masih belum kembali stabil. “Lomba antar-RT atau daerah-daerah merupakan salah satu langkah konkret untuk membantu perbaikan secara bertahap,” jelasnya.

Dengan menyasar perkotaan, dirinya berharap program “malu kampungku kumuh” (Mukaku) dan “malu halamanku kumuh” (Muhaku), agar menjadi pendorong Kutim semakin bersih. “Saya harap masyarakat dan pemerintah bekerja sama. Membangun lingkungan menjadi lebih rapi,” harapnya. (*/la)

Advertisement
Comments