Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Advertorial

“Guru Berperan Cerdaskan Anak Bontang”  Neni Pimpin Upacara Hari Guru Nasional 

Published

on

PIMPIN UPACARA: Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni saat memimpin upacara Hari Guru Nasional di Halaman Kantor Wali Kota Bontang, kemarin (5/12).(dokumen humas/adie.)
Dibaca normal 2 menit

BONTANG- Wali Kota Bontang, Neni Moerniaeni bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) pada Peringatan Hari Guru Nasional. Upacara ini berlangsung di Lapangan Upacara Kantor Wali Kota Bontang, Kelurahan Bontang Lestari, Rabu (5/12) dan diikuti ratusan guru mulai dari sekolah dasar sampai sekolah menengah di Kota Taman. Penaikan bendera pun berlangsung dengan khidmat.

Pada momentum ini Neni membacakan Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy. Dalam pidato tersebut, Neni menyebut bahwa tema Hari Guru Nasional tahun ini adalah “Meningkatkan Profesionalisme Guru Menuju Pendidikan Abad XXI.” Tema ini dipilih mengingat tantangan pendidikan di abad XXI yang semakin berat. Para guru dituntut memiliki komitmen dan sikap mental untuk selalu meningkatkan kualitas agar memiliki kompetensi yang sesuai dengan perkembangan zaman.

“Revolusi  industri 4.0 harus disikapi dengan arif karena telah mengubah peradaban manusia semakin secara fundamental. Untuk itu, diperlukan guru yang profesional, guru yang mampu memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang super cepat dengan meningkatkan kualitas proses belajar mengajar, dalam rangka mempersiapkan SDM (sumber daya manusia) yang unggul dengan kompetensi global,” kata Neni.

Usai memimpin upacara Neni didampingi suaminya HA Sofyan Hasdam foto bersama guru yang menghadiri upacara.(dokumen humas/adie.)

Meski teknologi kian berkembang, namun Neni pun menekankan bahwa profesi guru lekat dengan integritas dan kepribadian. Peran guru tidak hanya untuk mentransfer ilmu pengetahuan, tetapi juga menanamkan nilai-nilai dasar pengembangan karakter anak dalam kehidupannya. “Termasuk pemanfaatan teknologi secara bijak dan menjadi inspirator bagi anak didiknya,” lengkapnya.

Apalagi konsentrasi pemerintah pada pembangunan SDM semakin besar, tambahnya. Karena itu, guru harus unggul dengan kompetensi global. Guru harus semakin berpacu mengambil peran sentral menyiapkan SDM tersebut.

Sebelumnya1 dari 2 halaman
Gunakan tanda ← → (panah) untuk membaca