Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Bontang

Kawasan Wisma Atlet Menunggu Investor Bakal Dikembangkan Jadi Kawasan Bisnis 

Published

on

CARI INVESTOR: Kawasan dan bangunan Wisma Atlet saat ini sedang ditender Pemkot Bontang  untuk dijadikan kawasan bisnis.(FAHMI FAJRI/BONTANG POST)
Dibaca normal 1 menit

BONTANG – Kawasan Wisma Atlet yang berada di Kilometer 3, Kelurahan Belimbing, Kecamatan Bontang Barat, menunggu investor. Pemkot Bontang tengah melaksanakan tender dengan pola kerja sama pemanfaatan (KSP).

Kepala Bidang Kekayaan dan Aset Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Bontang, Deddy Haryanto, mengungkapkan dalam pengembangan kawasan tersebut bukan lagi membicarakan tentang hotel. Seperti yang dilakukan selama ini. Tetapi pemanfaatan tanah dan bangunan akan dijadikan kawasan bisnis, hiburan, hotel, pendidikan, pariwisata dan olahraga.

Diketahui objek yang dikerjasamakan berupa tanah seluas 20 ribu meter persegi, beserta bangunan seluas 14.092 meter persegi.

“Karena pada bulan Juli lalu sudah dilakukan serah terima aset dari pengelola sebelumnya. Sekarang pemkot mau kerja sama lagi dengan pihak ketiga dengan pola tender kerjasama pemanfaatan,” ungkapnya Rabu (5/12).

CARI INVESTOR: Kawasan dan bangunan Wisma Atlet saat ini sedang ditender Pemkot Bontang  untuk dijadikan kawasan bisnis.(FAHMI FAJRI/BONTANG POST)

Deddy menuturkan, dalam pengelolaan ini pemerintah tidak mengeluarkan biaya dari APBD. Semua yang terkait dengan rencana pengembangan termasuk perbaikan dan pemeliharaan ditanggung investor.

“Kami akan memperoleh kontribusi tetap dan pembagian keuntungan setiap tahun,” tuturnya.

Dia memaparkan, sistem kerja sama pemanfaatan ini memiliki banyak efek domino.  Di antaranya gedung terawat dan terkelola, tidak membebani APBD, penyerapan tenaga kerja, dan peningkatan APBD dari sektor pemanfaatan aset daerah.

“Terkait pengembangan itu, sudah ada beberapa investor yang mendaftar untuk mengikuti lelang,” pungkasnya. (ver)

Advertisement
Comments