Anda tidak bisa menyalin berita ini. Info lebih lanjut, hubungi admin di [email protected]
Advertorial

Satgas KTR di 15 Kelurahan Dilantik

BONTANG – Guna mewujudkan masyarakat hidup sehat di Bontang, Wali Kota Bontang diwakili Asisten Administrasi Pembangunan, Zulkifli menghadiri rapat koordinasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Senin (10/12). Kegiatan yang dirangkai pelantikan Satgas Kawasan Tanpa Rokok (KTR) itu dilakukan di Ballroom Hotel Sintuk.

Dalam sambutannya, Zulkifli mengatakan sesuai dengan instruksi Presiden nomor 1 tahun 2017 tentang Germas kepada seluruh kementrian, BUMN, serta Gubernur dan Bupati/Walikota. Maka Wali Kota Bontang juga menerbitkan instruksi Wali Kota nomor 3 tahun 2017. Instruksi tersebut menjadi landasan pelaksanaan tanggung jawab sektor dalam menyelenggarakan Germas di kota Bontang.

Ia menambahkan, untuk mewujudkan masyarakat hidup sehat, memerlukan kolaborasi dari institusi pemerintah maupun swasta, institusi sekolah, organisasi masyarakat serta masyarakat luas.

Mewujudkan Germas berarti mewujudkan enam tujuan besar. Yakni peningkatan edukasi kesehatan, peningkatan kualitas lingkungan hidup, peningkatan pencegahan deteksi dini penyakit, penyediaan pangan sehat dan pemenuhan kebutuhan gizi, peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat, hingga peningkatan aktifitas fisik.

Dilanjutkan foto bersama dengan masing-masing satgas di tiap kecamatan.(RERA ANNORISTA/BONTANG POST)

“Semua itu diterjemahkan sesuai tanggung jawab sektor yang menjadi domain masing-masing. Semoga tujuan kita bersama menyejahterakan masyarakat melalui perwujudan masyarakat sehat dapat tercapai,” harap dia.

Pada kesempatan itu pula, ia menyampaikan bahwa salah satu upaya Germas yang gencar diperkenalkan kepada masyarakat saat ini adalah deteksi dini kesehatan serta aktivitas fisik. Dan upaya berhenti merokok sebagai salah satu wujud peningkatan edukasi perilaku hidup sehat serta upaya desiminasi informasi bahaya rokok di seluruh puskesmas di Bontang.

Upaya lain dengan dibentuknya Satgas KTR yang berunsur masyarakat dari 15 kelurahan di Kota Taman. Berbeda dengan fungsi penegakan Perda oleh Satpol, Satgas KTR diharapkan dapat meluaskan informasi serat upaya sistematis. Sebab merokok terbukti sebagai salah satu faktor risiko besar yang menyebabkan timbulnya penyakit tidak menular dan berkontribusi memberi kerugian finansial hingga trilliunan rupiah.

1 2Laman berikutnya
Tags

Related Articles

Comment

Back to top button